Kamis, 06 Februari 2020

MAKALAH PENELITIAN PENGARUH JALUR ZONASI


PROPOSAL PENELITIAN
“PENGARUH JALUR ZONASI DAN JALUR PRESTASI DALAM PENERIMAAN SISWA BARU TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMAN 1 WARUNGGUNUNG”





DISUSUN OLEH: KELOMPOK 1
1.    Silvi Wahyuni
2.    Alfiana Putri A
3.    Dimas Handika
4.    Dilla Oktaviana



SMA NEGERI 1 WARUNGGUNUNG
Jalan Raya Pandeglang Km. 12 Kecamatan Warunggunung
Lebak-Banten

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan Proposal penelitian ini yang berjudul “PENGARUH JALUR ZONASI DAN JALUR PRESTASI DALAM PENERIMAAN SISWA BARU TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMAN 1 WARUNGGUNUNG” dengan baik.
.Sebelumnya, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas ini dan yang telah membimbing kami dalam penyelesaian tugas kelompok ini, sehingga kami dapat menyelesaikannya dengan baik, dan kami meminta maaf jika masih banyak kesalahan dalam penulisan ataupun penyusunannya karna kami masih dalam proses pembelajaran.
Kami menyadari terdapat banyak kelemahan dan keterbatasan yang ada, sehingga terbuka kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penulisan Proposal Penelitian ini. Kami sangat memerlukan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca Proposal Penelitian ini, terutama Ibu Guru untuk penyempurnaan Proposal Penelitian kami.
.Demikianlah yang dapat kami sampaikan, kami berharap semoga Proposal Penelitian ini bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.



Warunggunung, 26 Januari 2020
                                                                                               










DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                                                   i
KATA PENGANTAR                                                                                                                  ii
DAFTAR ISI                                                                                                                                 iii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah                                                                                                1
  2. Rumusan Masalah                                                                                                                     3
  3. Tujuan Penelitian                                                                                                                     3
  4. Manfaat Penelitian                                                                                                                  3
  5. Sistematika Penelitian                                                                                                             4

BAB II LANDASAN TEORI
  1. Landasan Teori                                                                                                               5
  2. Hipotesis                                                                                                                         6

BAB III METODE PENELITIAN
  1. Tabel Pengambilan Sampel Penelitian                                                                           7

BAB IV PENUTUP                                                                                                                  11
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                               12



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

     Zonasi yaitu pembagian atau pemecahan suatu areal menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsi dan tujuan pengelolaan. Karakter menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Prestasi diartikan sebagai hasil usaha yang di capai dari apa yang dikerjakan atau yang diusahakan. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya, baik karena hasil belajar, bekerja, atau berlatih keterampilan dalam bidang tertentu. Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dibagi menjadi tiga jalur yakni jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan dinas orangtua.
       Peraturan kementerian pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) memastikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tetap menggunakan zonasi. Pada awalnya sistem zonasi bertujuan memberikan akses pendidikan berkualitas dan mewujudkan Tripusat pendidikan (sekolah, keluarga, masyarakat) dengan bersekolah dilingkungan tempat tinggal. Penerapan sistem zonasi membuat sekolah dibawah pemerintah atau berstatus negeri dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) wajib menerima minimal 90% siswa baru yang berasal dari dekat sekolah. Calon siswa yang berdomisili jauh dari lokasi sebuh sekolah kehilangan kesempatan untuk bisa terdaftar menjadi salah satu siswa disekolah tersebut. (Zonasi PPDB: 2019).
       Di SMAN 1 Warunggunung tahun 2019 juga memulai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan menggunakan sistem zonasi atau jalur zonasi sehingga siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah sudah pasti diterima sedangkan yang jauh dengan sekolah harus mengurungkan niatnya untuk bersekolah diSMA Negeri karena di Warunggunung SMA Negeri hanya satu yaitu SMA Negeri 1 Warunggunung yang lainnya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada tahun 2018 masih menggunakan jalur prestasi atau nilai, jadi yang nilainya bagus bisa masuk ke sekolah yang mereka inginkan meskipun rumahnya jauh dengan sekolah. Kedua jalur ini sangat mempengaruhi terhadap kerakter siswa khususnya di SMAN 1Warunggunung dan keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Disini kami ingin meneliti perbedaan itu, jika dilihat dari kasat mata memang perbedaannya sangat terlihat dari perilaku, dan tatakrama. Tindakan sekolah pun sedikit berbeda terhadap siswa jalur zonasi di warunggunung ini, sekolah sudah mengerti dan mengetahui bagaimana karakter anak-anak yang ada dizonasi ini. 
   

B.    Rumusan Masalah
  Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan sebagai berikut:
1.     Bagaimana perbedaan karakter dari siswa yang diterima di jalur zonasi dengan siswa yang diterima di jalur nilai atau prestasi?
2.     Bagaimana pengaruhnya kedua sistem atau jalur tersebut terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Warunggunung?
3.     Bagaimana upaya sekolah untuk  terus memperbaiki karakter siswanya dengan apapun sistem penerimaannya atau berbagai karakter yang dimiliki siswa nya setiap tahun angkatan baru?

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah:

1.     Untuk mengetahui bagaimana perbedaan karakter dari siswa yang diterima di jalur zonasi dengan siswa yang diterima di jalur nilai atau prestasi.
2.     Untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya kedua sistem atau jalur tersebut terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Warunggunung.
3.     Untuk mengetahui bagaimana upaya sekolah untuk terus memperbaiki karakter siswanya dengan apapun sistem penerimaannya atau berbagai karakter yang dimiliki siswanya setiap tahun angkatan baru.

D.    Manfaat Penelitian

     Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu kita bisa mengetahui pengaruh dari sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) khususnya sistem zonasi terhadap karakter siswa atau pelajar yang ada di zonasi tersebut dan disini khususnya di zonasi warunggunung yaitu di lingkungan SMA Negeri 1 Warunggunung. Selain itu, kita akan mengetahui juga upaya sekolah untuk permasalahan ini.


E.     Sistematika Penelitian
            Sistematika penelitian ini terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian isi,  dan  bagian akhir penelitian.
        1. Bagian Pendahuluan, dalam bagian ini memuat judul, kata pengantar, dan daftar isi.
        2. Bagian Pokok
1.               Bab I Pendahuluan
Bab ini menyajikan pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penelitian.
2.                Bab II Kajian pustaka
Bab ini membahas tentang landasan teori yang mencakup pengertian,, kerangka berfikir, dan hipotesis.
3.               Bab III Metode penelitian.
Bab ini membahas mengenai penentuan obyek penelitian,metode pengumpulan data, dan analisis data.
4.                Bab IV Hasil penelitian dan pembahasan .
Bab ini menyajikan tentang laporan hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian sehingga data yang ada mempunyai arti.
5.                Bab V Penutup meliputi : simpulan dan saran
Bab ini menyajikan kesimpulan hasil penelitian yang ditarik dari analisis-analisis data, hipotesis dan pembahasan serta saran yang memuat masukan-masukan dari penulis yang terkait dengan penelitian dan diuraikan kelemahan penelitian.


       3. Bagian Akhir

a.       Daftar pustaka memuat tentang daftar buku yang digunakan sebagai acuan yang relevan dengan penelitian









BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Landasan Teori

    Sistem zonasi adalah sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Sistem tersebut diatur dalam permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 dan ditujukan agar tak ada sekolah-sekolah yang dianggap sekolah favorit atau non-favorit. (Wikipedia bahasa indonesia)

    Pengertian sistem zonasi sekolah sesuai Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 adalah memberikan prioritas lebih kepada calon peserta didik untuk masuk sekolah yang dekat dengan zonasi tempat tinggalnya.(Pelayanan Publik id :2019)

       Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha.[1] Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan.[2] Dari pengertian prestasi tersebut, maka pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang.[1] Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan.[1] Karakter orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh [2] Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu, dibutuhkan kerja keras.(Wikipedia :2009).

      Menurut para ahli tentang karakter yaitu Maxwell,Menurut Maxwell, karakter jauh lebih baik dari sekedar perkataan. Lebih dari itu, karakter merupakan sebuah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan.Menurut Wyne, karakter menandai bagaimana cara atau pun teknis untuk memfoukuskan penerapan nilai kebaikan ke dalam tindakan atau pun tingkah laku.(Wikipedia bahasa indonesia ).

    “Kewajiban pemerintah dan sekolah adalah memastikan semua anak mendapat pendidikan dengan memerhatikan anak harus masuk ke sekolah terdekat dari rumahnya,Karena pada dasarnya anak bangsa memiliki hak yang sama. Karena itu, tidak boleh ada diskriminasi, hak eksklusif, kompetisi yang berlebihan untuk mendapatkan layanan pemerintah. Sekolah negeri itu memproduksi layanan publik. Cirinya harus non excludable, non rivarly, dan non discrimination," (Mendikbud Muhadjir : 2019).

B.    Hipotesis
Dari berbagai uraian diatas dapat kita simpulkan sementara bahwa:

1.     Sistem zonasi hanya menerima sebagian besar siswa yang lingkungan tempat tinggalnya dekat dengan sekolah.
2.     Sistem zonasi itu pun sesuai dengan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018.
3.     Karakter siswa pun bisa terlihat dan dapat diketahui karena lingkungan tempat tinggalnya yang dekat dengan sekolah.















BAB III
METODE PENELITIAN
a. Metode Penelitian
Jenis penelitian yang akan kami gunakan dalam pengambilan data yaitu mewawancarai  siswa siswi SMA Negeri 1 Warunggunung khususnya kelas X IPA 2, X IPS 3, XI IPA 3, dan XI IPS 3. Kami juga akan memberikan sebuah angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan.
b. Jenis Penelitian
   1. Wawancara
   2. Angket
c. Lokasi dan Waktu Penelitian
Lokasi pengambilan data penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Warunggunung jalan Raya Pandeglang KM. 12 desa Cibuah Tapen kecamatan Warunggunung kabupaten Lebak-Banten.
Waktu penelitian
No
Waktu
Tempat
1.
10 Februari 2020
X IPA 2 dan 10 IPS 3
2.
14 Februari 2020
XI IPA 3 dan XI IPS 3

d. Teknik Pengumpulan Data
    Penelitian ini menggunakan dua cara pengumpulan data yaitu:
   1. Wawancara
        Teknik pengumpulan data dengan wawancara yaitu mengambil sampel beberapa siswa siswi SMA Negeri 1 Warunggunung untuk ditanya seberapa tahu mereka tentang perbedaan karakter siswa yang menggunakan Jalur Zonasi dan Jalur Prestasi atau Nilai.
  2. Angket
      Teknik pengumpulan data dengan angket yaitu mengambil sampel beberapa kelas yaitu X IPA 2, X IPS 3, XI IPA 3, dan XI IPS 3. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh Jalur Zonasi dan Jalur Prestasi atau Nilai terhadap karakter siswanya.





BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
 Sistem zonasi yaitu suatu sistem penerimaan peserta Didik baru yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal atau bersekolah di sekolah yang dekat dengan tempat tinggal agar tidak ada yang namanya sekolah favorit atau nonfavorit. Sistem ini ada yang pro dan ada yang kontra. Di penelitian ini zonasi menjadi pengaruh untuk karakter siswa siswi di SMA Negeri 1 Warunggunung.



Guru Pembimbing                                                                                   Penulis


Ari Aditiarini. s,pd                                                                                Silvi Wahyuni
NIP: 197605022008012010                                                              NIP: 18191035













 DAFTAR PUSTAKA

https: // id.m.Wikipedia.org.Wiki,Sistem_Zonasi
https: //edukasi.Kompas.com,Zonasi_Sekolah
https: // id.m.Wikipedia.orv.Wiki, Karakter
https: // kbbi.web.id.Prestasi


 







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar