Rudolf Diesel, penemu mesin Diesel
Lahir di Paris,
Perancis tahun 1858, tanggal 18 Maret, meninggal 30 September
1913, di umur 55 tahun, meninggal
secara misterius, terjatuh dan tenggelam di
selat Inggris. Hingga kini diketahui pasti sebab-
sebabnya dia terjatuh disana Orang tua Rudolf Diesel berkebangsaan
Jerman yang ber-emigrasi ke Perancis. Masa kecil Diesel dihabiskan di Perancis
sampai meletus perang Franco-Prussian di
tahun 1870. Mereka sekelurga mengungsi
ke London, Inggris. Ayah Diesel tidak berhasil mendapatkan izin menetap di
Perancis, saat itu ada kebijakan untuk para emigran di Perancis. Saat Diesel
umur 12 thaun, menjelang perang berakhir, sang Ibu mengirimnya ke Augsburg untuk tinggal bersama sang paman dan
bibinya, agar bisa bicara dalam bahasa Jerman, serta bersekolah di Royal County Trade School ( Gewerbsshule ), dimana sang paman
menjadi pengajar ilmu matematika. Tak lama setelah itu perang Jerman-Perancis
meletus.
Nama lengkap Rudolf Diesel adalah Rudolf Christian Karl Diesel. Keluarganya
adalah perajin kulit, sejak kecil ia dikenal jenius. Di usia 20 tahun ( 1870 )
dia menerima medali perunggu dari Société
Pour L’Instruction Elémentaire. Atas
beberapa karya ilmiahnya yang cemerlang
Usia 14 tahun, Diesel mengirim surat kepada orang tuanya,
menceritakan akan cita citanya untuk menjadi seorang Insinyur ( Engineer ).
Pendidikan dasarnya dilaluinya dengan cemerlang, menjadi murid terbaik di
kelasnya, selesai tahun 1873. Kemudian dia melanjutkan pendidikannya di School of
Augsburg. Tahun 1875
dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, pada saat itu dengan terpaksa Diesel
menentang orang tuanya, agar Rudolf Diesel mulai bekerja, karena orang tuanya
dalam kesulitan keuangan.
Sambil kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik. Tahun
1870 Rudolf mulai dikenal dan diakui sebagai Mekanik yang handal. Tahun 1880 ia
lulus dari universitasnya, mendapat kehormatan sebagai murid dengan nilai yang
terbaik, seharusnya di mengikuti ujian ke sarjanaannya di Tahun 1879, tapi saat
itu ia sakit demam berdarah. Setelah sembuh dari
sakitnya dia bekerja sebagai mekanik di Sulzer,
Winterthour, sambil mengembangkan mesin
pembuat es.
Selama kuliah di Munchen ( Munich ) dia banyak mengukir
presatsi. Antara lain bersama profesornya, dia berhasil menyusun cetak biru mesin uap, dengan
efisiensi tertinggi yang pernah ada saat itu. Menulis makalah yang diterbitkan
untuk umum.
Setelah lulus dari universitasnya di tahun 1880,
dia pergi ke Paris memutuskan mendirikan perusahaan cabang disana, perusahaan
mesin pempuat es. Dia mala rela bekerja tanpa dibayar. Tapi 1881 perusahaan
mengangkatnya menjadi Direktur pabrik tersebut di Paris. Tahun itulah ia
bertemu untuk pertama kalinya dengan Heinrich Buz, direktur permesinan Augsburger. Mereka melakukan
kesepakatan membuat dan dan menguji coba, mengembangkan sistim permesinan
pembuat es bening. Tahun itu juga Rudolf menerima sertifikat hak paten
pertama-nya atas temuannya memproduksi klareis dalam botol. ( disebelah kanan adalah gambar mesin diesel
pertama buatan Rudolf Diesel )
Rudolf mulai membangun pabrik es besar di Paris tahun 1883.
Rencana pengembangan mesin amoniak mulai dikerjakan, setahun kemudian. Tahun
1886 1886 dia melebarkan pabriknya di Belgia. Dan gagasan mesin penyerap
amoniak untuk usaha skala menengah terwujud. Pada saat itulah Rudolf Diesel
membuktikan teori gelombang elektromagnetik pada putaran tinggi per detik.
Tahun 1889, Rudolf memamerkan mesin pembuat es dan pendinginnya di pameran
tehnik di Paris. Kemudian diamemberikan kuliah umum di satu kongres
internasinal, mengenai mesin mesin terapan. Dia memperoleh sambutan meriah dan
perusahaan berkeduduan di Berlin, Lindes segera menawarinya kontrak kerja, tahun
1890.
Kemudian Rudolf Diesel mengadakan penelitian tentang
penggunaan bahan bakar pada satu mesin agar bisa lebih efisien. Mesin mesin uap
pada jamannya hanya memiliki efisiensi sebesar 10%-15%. Dia kemudian merancang
sebuah mesin dengan bahan bakar yang disemprotkan ke dalam ruang kompressi,
dan akan terbakar akibat panas yang timbul dari daya kompressi. Mesin itulah
yang saat ini kita kenal dengan nama Mesin Diesel.
Mesin tercipta pada dekade akhir abad 19. Impiannya untuk menciptakan mesin
dengan efisiensi tinggi tercapai, karena bahan bakar mesin diesel adalah sisa
dari penyaringan bahan bakar bensin.
Rudolf Diesel menerima hak paten atas Mesin Diesel 23 Februari 1893, bernomor 608845. Dia membangun proto type mesin itu di
tahun 1897, saat bekerja di Augsburg, di
Pabrik MAN. Dinamakan Mesin Diesel,
untuk menghormati jasa penemuannya, aslinya dinamai “ Mesin Minyak “. yang tercipta pada 10 Agustus 1893. Itulah Mesin Diesel pertama
di dunia.
Pada tahun 1893 itu pula terbit bukunya berjudul : “ Theory and Construction of A Rational Heat Engine for
Substitution of the Steam Engines and that Today Admitted Combustion Engines
“. Diterbitan oleh Springer, Berlin. Dan saat itu juga Rudolf menandatangani
kontrak dengan Augusburger, Krupp, dan Sulzer. Sambil menerbitakn buku
berikutnya : “ Nachtraege for the Theory og the
Diesel Engine “.
Prototype awal mesin Diesel dipamerkan di Pekan Raya Chicago, Amerika Serikat, dan mendapat
sambutan lumayan bagus. Tahun 1895,
komisi hak paten men-sahkan bahwa mesin ciptaannya bekerja dengan baik.
Tahun 1896, Rudolf
pindah ke Munchen. Sampai awal tahun 1897 dia
menyelesaikan rencana lanjut mesin temuannya dengan sistim 4 langkah ( 4 tak ).
Persahaan Deutz AG mencoba
menandinginya. Perusahaan Krupp mendukung Rudolf, dan akhrnya melahirkan
kesepakatan antara Deutz, Krup dan Augsburger, membantu Rudolf menyelesaikan
rangkaian akhir, menyempurnakan mesin temuannya.
Tahun itu adalah tahun tahun yang sibuk baginya. Rudolf
melakukan perjalanan ke Skotlandia, Paris, untuk membuat satu pesawat terbang.
Menandatangani kontrak dengan Adolphus-shrubs.
Memeragakan contoh mesinnya di depan umum di Augsburg. Memberi ceramah di Kassel,
meresmikan perkumpulan masarakat mesin Diesel di Paris. Menghadapi gugatan atas
hak patennya oleh Emil Captaine.
Sempat mengalami kehilangan uji coba di Lab-nya. Tapi Pabrik mesin Diesel di
Augsburg akhirnya bisa dibangun di tahun 1898. Contoh mesin awal dipamerkan di
pameran pekan raya Munchen. Berhasil menyelesesaikan mesin diesel pertama
dengan kompressor untuk perusahaan Deutz AG.
Cobaan datang lagi, ia masuk rumah sakit jiwa di Neuwittelsbach, Muenchen. Tapi pabrik mesin
diesel pertama yang dibangun di Amerika
selesai tahun itu juga (1898 ). Cobaan
menlandanya lagi, tahun 1899, pabrik
mesin diesel di Augsburg di tutup, karena gagal mencapai target jumlah
produksi. Tetapi tahun itu pula mesin Diesel dipakai dilapangan pengeboran
minyak untuk pertama kali, di Gailizen.
Dia semakin sering jatuh sakit. Tahun 1900,
pabrik mesin Diesel pertama di London,
di resmikan. Rudolf Diesel makin sering jatuh sakit, karena kerja kerasnya.
Karena makin sering sakit, dia dipindah ke pemukiman yang lebih berhawa segar,
di Muenchen, tahun 1901.
Dalam masa masa istirahat karena sakit, dia menulis dan
menerbitkan buku-buku baru yang lebih bersifat filosofis, daripada buku teknis,
“ Solidarismus: natürliche wirtschaftliche
Erlösung der Menschen “, terbit tahun 1903.
Dalam buku itu, terlihat jelas pandangannya sebagai seorang insinyur jenius
yang juga sangat peduli atas masalah masalah sosial dan lingkungan hidup. Tahun
1905, mesin diesel mulai digunakan
dalam per-kerata api-an. Puncak
prestasinya saat dia tampil dipekan raya Paris,
dengan mesin Diesel rancangannya, menggggunakan bahan bakar minyak kacang
dan minyak ganja
Tahun 1912, saat dia menerima atas hak paten mesin baru
ciptaanya, dunia mencatat pernyataanya yang paling bersejarah, tentang masa
depan mesin Diesel yang akan dapat dijalankan dengan bahan bakar minyak nabati,
yang sekarang dikenal dengan istilah BIOdiesel. “ Der
Gebrauch von Pflanzenöl als Krafstoff mag heute unbedeuntend sein. Aber
derartige Produkte können im Laufe der Zeit obenso wichtig werden wie Petroleum
und diese Kohle-Teer-Produkte von heute. ( Pemakaian
minyak nabati sebagai bahan bakar untuk saat ini sepertinya tidak berarti,
tetapi pada saatnya nanti akan menjadi penting, sebagaimana minyak bumi dan
produk tir-batubara saat sekarang) “. Dan Mesin biodiesel itu
disempurnakan lagi oleh Ludwig Elsbett.
Sampai akhirnya dia ditemukan tewas secara mengenaskan di
selat Inggris di Tahun 1913, dia
terjatuh dan tenggelam secara misterius, dan hingga saat ini tidak diketahui
kenapa sampai dia terjatuh di sana. Orang hebat yang mengalami nasib tragis di
akhir kehidupannya.
Biografi Rudolf diesel
Disusun oleh :
Candra Putra Wijaya
Nurfan Maulana
M. Rizaludin
M. Ramdani
Smk negeri 2 pandeglang
Teknik Kendaraan Ringan
2016/2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar