bab I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Sebagaimana tertuang dalam GHBN
1983 Menetapkan bahwa Sekolah Kejuruan menciptakan manusia yang mampu menjadi
tenaga yang terampil tingkat menengah, yang laya juga dalam berbagai bidang
pembangunan.
Dari pernyataan di atas maka
dalam hal ini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa tujuan dari sekolah
kejuruan adalah tidak hanya menghasilan tenaga kerja, tetapi harus mampu
menciptakan kerja atau lapangan kerja, dengan usaha sendiri yang dapat menyerap
tenaga kerja yang berpotensial.
Jika ditinjau dari manfaat dan
fungsi Praktek Kerja Industri, yang diantaranya:
1. Mengenal lebih dekat kepada pekerjaan yang sebenarnya
2. Media untuk mengenal lingkungan
kerja yang pasti berbeda dengan lingkungan sekolah
3. Membiasakan para siswa untuk
mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya sesuai dengan program studi.
4. Merupakan kesempatan yang baik
bagi siswa untuk mencoba pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang telah
ditempuh di sekolah.
5. Merupakan kesempatan yang untuk
mematangkan siswa baik pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikapnya sebelum
terjun memasuki lapangan kerja itu sendiri..
Dengan demikian jelaslah kegiatan ini sangat
bermanfaat bagi penulis, khususnya untuk menimba ilmu pengetahuan di luar
sekolah dan juga untuk memperoleh pengalaman kerja.
1.2
Tujuan Pembuatan Laporan
Uraian ini tertuju pada salah
satu syarat untuk mengikuti ulangan umum semester akhir yaitu tiap para siswa
yang akan mengikuti ulangan semester akhir diwajibkan untuk membusat laporan
prakerin.
Untuk itulah penulis membuat
laporan praktek kerja industry ini, semoga penyusunan laporan ini tidak saja
berguna bagi penulis akan tetapi yang kami harapkan pula dapat berguna sebagai
pembaca laporan.
1.3
Metode dan Teknik Pengumpulan
Data
Dalam rangka pengumpulan data
penulis menggunakan metode sebagai berikut :
1.3.1
Cara
Observasi
Cara melihat langsung dan
menanyakan langsung kepada setiap pegawai yang ada di kantor Dinas Pertanian
Kecamatan Cibadak
1.3.2
Membaca
petunjuk yang diberikan dari pegawai yang bersangkutan kepada penulis sehingga
banyak data yang didapat.
1.3.3
Mencari
buku-buku yang ada hubungannya dengan kegiatan prakerin.
1.4
Sistematika Penulisan
Untuk lebih mempermudah
penyusunan laporan ini, penulis menyusun laporan dengan uraian sebagai berikut
:
BAB
I : Pendahuluan yang terdiri dari
tinjauan dan fungsi prakerin, tujuan pembuatan laporan, metode atau teknik
pengumpulan data dan sistematika pembahasan.
BAB
II : Tinjauan umum, terdiri dari
sejarah singkat instansi, Kepegawaian, Disiplin Kerja dan Pemeliharaan
Lingkungan Kerja.
BAB
III : Struktur Organiasi, Fungsi dan
Tata Kerja di UPTD
BAB
IV : Bab penutup mengemukakan
kesimpulan dan saran-saran yang penulis tuangkan dalam laporan ini.
BAB
II
Tinjauan
umum
2.1
Sejarah Singkat Institusi
Kegiatan sub sektor pertanian
tanaman pangan di Jawa Barat sejak jaman penjajahan sampai saat ini telah
mengalami perkembangan yang mengembirakan baik dilihat dari segi pencapaian
populasi, produksi, konsumsi, penyerapan tenaga kerja, pendapatan petani,
permintaan masyarakat konsumen, investasi maupun sumbangan bagi devisa Negara.
Perkembangan tersebut tidak
terlepas dari keberadaan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawab Barat
dalam peranannya untuk meningkatan Produksi, Populasi, konsumsi dan pemasaran
produk-produk pertanian tanaman pangan.
Pada tahun 1950 lahir Provinsi
daerah Tingkat I Jawab Barat yang dibentuk dengan undang-undang Nomor 11 Tahun
1950, undang-undang tersebut memberikan beberapa urusan yang menjadi kewenangan
pangkal daerah, diantaranya adalah urusan pertanian.
Dengan terbitnya peraturan
perundang-undangan tersebut di atas maka pemerintah provinsi Jawab Barat
mengeluarkan Surat Keputusan Dewan Pemerintah Daerah sementara Provinsi Jawa
Barat Nomor 3/UPO/1952 tanggal 4 juni 1952 yang pokoknya menetapkan :
·
Membentuk
Jawatan Pertanian Rakyat, Jawatan Kehewanan dan Jawatan Perikanan Darat.
·
Menunjuk
beberapa pejabat sebagai Kepala Jawatan masing-masing
UPTD (Unit Pelaksanaan Tekhnik
Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak) Hingga sekarang terus berkembang, dan
membawahi 15 desa, dengan luas lahan sawah 135 Hektar, dengan jumlah kelompok
kurang lebih 78 kelompok yang dibina oleh seorang kepala UPT, diantaranya satu
orang pelaksana tekhnik dan 12 orang PPL (Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan)
1 orang petugas PPOPT (Petugas Pengawas Organisme Pengganggu Tanaman)
2.2
Lokasi /Letak Geografis
Letak Geografis Kantor Dinas
Pertanian Kecamatan Cibadak yaitu terletak di desa Bojongleles Berdekatan
dengan Kantor Dinas Pertanian.
Selain itu letaknya juga sangat
strategi dan dapat dilalui loleh semua kendaraan sehingga memudahkan untuk
melaksanakan hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga.
2.3
Status
Berdasarkan Undang-undang Nomor
22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaga Negara tahun 1999 Nomor 60,
Tambahan Lembara Negara Nomor 38, 39) Kantor UPTD Kecamatan Cibadak yaitu milik
pemerintah.
2.4
Kepegawaian
·
Kepala
Badan bertanggung jawab dalam mempersiapkan saran dan pertimbangan kepada
Bupati di bidang kepegawaian;
·
Kepala
Badan bertanggungjawab dalam hal perencanaan, pengelolaan dan pembinaan dalam
bidang kepegawaian;
·
Kepala
badan wajib membuat Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP.3) pegawai
bawahanya setahun sekali dan Daftar Urut Kepangkatan (DUK). Sesuai dengan
peraturan yang berlaku;
·
Kepala
Badan mempersiapkan daftar pegawai yang akan mengikuti pendidikan di dalam dan
diluar untuk disampaikan ke Kabupaten Ketentuan-Ketentuan lainnya mengenai
kepegawaian di atur dengan peraturan yang berlaku.
Struktur
organisasi, tugas dan fungsi tata kerja program kegiatan bidang dinas pertanian
kecamatan cibadak
3.1
Struktur Organisasi Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak
Pelaksana UPT
FATHUL HAKIM
|
PPL Wilbin Cibadak
Asep Budi
Kusmara, Sp
|
KEPALA UPT
FATHUL HAKIM
|
ppot
Aga Hermato
|
PPL Wilbin
Malabar
Ruliadi
|
PPL Wilbin Asem
Marga Luyu
Feby Irwan, Sp
|
PPL Wilbin
Kaduagung
Jijin Firman .H
|
PPL Wilbin
Cisangu
Dani Agustian
|
PPL Wilbin
Bojles
Intan Triani,
N.Sp
|
PPL Wilbin Mekar
Agung
Jijin Firmanti
|
PPL Wilbin Cimentang Jaya
Dani Agustian
|
PPL Wilbin
Tambak
Ida Nursaida .A
|
PPL Wilbin Panancangan
Momon Widoakong,
Sp
|
PPL Wilbin Bojong Cae
Deri Ida Rahayu
|
PPL
Wilbin Kaduagung Timur
Dicky Andika,
D,S, St
|
PPL Wilbin
Dicky Andika,
D,S, St
|
PPL Wilbin Pasar Keong
Ola Setiawan
|
PPL Wilbi Asem
Feby Irawan
|
3.1.1
Kedudukan, tugas dan fungsi
A. Kedudukan
1) UPTD (Dinas Pertanian Cibadak)
yaitu sebagai pemantau petanian di Kecamatan Cibadak.
2) UPTD Dinas Pertanian Kecamatan
Ciadak, Dipimpin oleh kepala dinas.
B. Tugas
UPTD Dinas Kecamatan Cibadak
mempunyai tugas membantu pemerintah Kabuapten dalam menangani pertanian di
kecamatan.
C. Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas
sebagaimana dimaksud di atas, maka Dinas Pertanian memiliki fungsi :
a) Penyelenggaraan koordinasi kesekretariatan
untuk memfasilitasi kelancaran tugas bidang Urusan Penanaman Modal;
b) Penyelenggaraan perumusan
peraturan perundang-undangan sesuai ketentuan yang berlaku;
c) Penyelenggaraan pengelolaan
urusan keuangan, umum dan kepegawaian;
3.1.2
Bidang Tugas Unsur Organisasi
·
Kepala
Badan
Kepala Badan mempunyai tugas
memimpin, merumuskan kebijakan, merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan
dan mengawasi seluruh Kegiatan Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak.
·
Sekretariat
Sekretaris dipimpin oleh
Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala
Badan serta mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana program Badan,
pengelolaan urusan umum dan perlengkapan, keuangan serta urusan kepegawaian.
Dan memiliki tugas sebagai
beirkut :
a. Menyelenggarakan pengelolaan
administrasi keuangan;
b. Menyelnggarakan pengkajian
anggaran belanja;
c. Menyelengarakan pengendalian
administrasi belanja;
d. Menyelengarakan pengelolaan
administrasi kepegawaian;
e. Menyelenggarakan penatausahaan,
kelembagaan dan ketatalaksanaan;
f. Menyelenggaraan pengelolaan
urusan rumah tangga dan perlengkapan;
g. Menyelenggarakan penyusunan bahan
rancangan pendokumentasian peraturan;
h. Menyelenggarakan pengelolaan
naskah dinas dan kearsipan;
i.
Menyelenggarakan
pembinaan Jabatan Fungsional;
j.
Menyelenggarakan
telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
k. Menyelenggarakan koordinasi
dengan unit kerja terkait;
l.
Menyelenggarakan
tugas lain yang diberikan pimpinan.
3.1.3 Tugas dan fungsi sub-sub
bidang dinas petanian
·
Bidang
Perencanaan membawahi :
a. Sub Bidang Data dan Informasi
b. Sub Bidang Analisa Program
·
Sub-sub
Bidang sebagaimana dimaksud pada ayat (4) masing-masing dipimpin oleh seorang
Kepala Sub Bidang, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala
Bidang Perencanaan.
·
Sub
Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan
kebijakan teknik, pembinaan dan pelaksanaan sosialisasi atas kebijakan dan
perencanaan pengembangan, kerjasama luar negeri, promosi, pemberian pelayanan
perizinan, pengendalian pelaksanaan, dan system informasi penanaman modal skala
propinsi kepada aparatur pemerintah dan dunia usaha; Membangun dan
mengembangkan system informasi penanaman modal pemerintah dan pemerintah
kabupaten / kota;
Mengumpulkan dan mengolah data
kegiatan usaha penanaman modal dareah; mengkaji, merumuskan dan menyusun
pedoman tata cara pembangunan dan pengembangan system informasi penanaman modal
skala propinsi; Membina dan mengawasi pelaksanaan intansi penanaman modal
kabupaten / kota di bidang sistem informasi
penanaman modal dan menyusun peta investasi daerah propinsi dan potensi
sumber daya manusia termasuk pengusaha mikro, kecil, menengah, koperasi dan
besar berdasarkan masukan dari daerah kabupaten / kota.
1. Dalam menyelenggarakan tugas
pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Data dan Informasi
mempunyai fungsi :
a. Pelaksanaan penyusunan bahan
kebijakan teknis perencanaan dan program Data dan Informasi
b. Pelaksanaan pelayanan
administasi, teknis pengembangan dan fasilitasi Data dan Informasi.
2. Rincian Tugas Sub Bidang Data dan
Informasi :
a. Melaksanakan penyusunan program
kerja Sub Bidang Data dan Informasi;
b. Melaksanakan penyusunan bahan
kebijakan teknis data dan informasi;
c. Melaksanakan penyusunan bahan
fasilitas penyelenggaraan Data dan Informasi;
d. Melaksanakan penyusunan rencana
kegiatan tahunan Sub. Bidang Data dan Informasi sesuai program dan urusan
dengan mempedomani peraturan perundang-undangan serta kebijakan teknis lembaga
pemerintah terkait;
e. Melaksanakan penyusunan pedoman
pelaksanaan tugas dan kegiatan;
f. Melaksanakan Pengelolaan Data dan
Informasi;
g. Melaksanakan fasilitas
pelaksanaan usaha-usaha Data dan Informasi;
h. Melaksanakan penyusunan bahan
koordinasi Data dan Informasi;
i.
Melaksanakan
penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengembalian
kebijakan;
j.
Melaksanakan
pelaporan dan evaluasi kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi;
k. Melaksanakan koordinasi dengan
unti kerja terkait;
l.
Melaksanakan
tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
m. Melaksanakan tugas lain yang
diberikan oleh pimpinan
BAB IV
Penutup
4.1 Kesimpulan
Dari
hasil kegiatan prakerin penulis dapat mempelajari dan mengetahui UPTD Cibadak.
Dan Penulis dapat menyimpulkan bahwa dinas pertanian kecamatan dibadak memiliki
bidang perencanaan, yang meliputi :
a.
Sub
Bidang Data dan Informasi ;
b.
Sub
Bidang Analisa Program
Dan
memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut :
·
Sub-sub
Bidang sebagaimana dimaksud pada ayat (4), masing-masing dipimpin oleh seorang
Kepala Sub Bidang, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala
Bidang Perencanaan.
·
Sub
Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan
kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang data dan informasi,
meliputi : Pengkoordinasian pelaksanaan sosialisasi atas kebijakan dan
perencanaan pengembanga, kerjasama diluar negeri, promosi, pemberian pelayanan
perizinan, pengendalian pelaksanaan, dan system informasi penanaman modal skala
propinsi kepada aparatur pemerintah dan dunia usaha; Membangun dan
mengembangkan system informasi penanaman modal pemerintah dan pemerintah
kabupaten/kota; mengumpulkan dan mengolah data kegiatan usaha penanaman modal
dareah; mengkaji, merumuskan dan menyusun pedoman tata cara pembangunan dan
pengembangan sistem informasi penanaman modal skala propinsi; Membina dan
mengawasi pelaksanaan instansi penanaman modal kabupaten / kota di bidang
sistem informasi penanaman modal dan menyusun peta investasi daerah propinsi
dan potensi sumber daya manusia termasuk pengusaha mikro, kecil, menengah,
koperasi dan besar berdasarkan masukan dari daerah kabupaten / kota.
·
Dalam
menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang
Data dan Informasi mempunyai fungsi :
a. Pelaksanaan Penyusunan bahan
kebijakan teknis perencanaan dan program Data dan Informasi;
b. Pelaksanaan pelayanan
administrasi, teknis pengembangan dan fasilitas data dan informasi.
3. Rincian Tugas Sub Bidang Data dan
Informasi :
a. Melaksanakan penyusunan program
kerja sub bidang data dan informasi
b. Melaksanakan penyusunan bahan
kebijakan teknis data dan informasi
c. Melaksanakan penyusunan bahan
fasilitas penyelenggaraan data dan informasi
d. Melaksanakan Data dan informasi
sesuai program dan urusan dengan mempedomani peraturan perundang-undangan serta
kebijakan teknis lembaga pemerintah terkait ;
e. Melaksanakan penyusunan pedoman
pelaksanaan tugas dan kegiatan;
f. Melaksanakan pengelolaan Data dan
Informasi;
g. Melaksanakan fasilitas
pelaksanaan usaha-usaha data dan informasi
h. Melaksanakan penyusunan bahan
koordinasi data dan informasi;
i.
Melaksanakan
penyusunan bahan terlaah staf sebagai bahan pertimbangan pengembalian
kebijakan;
j.
Melaksanakan
pelaporan dan evaluasi kegiatan sub Bidang data dan Informasi;
k. Melaksanakan koordinasi dengan
unit kerja terkait;
l.
Melaksanakan
tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
m. Melaksanakan tugas lain yang
diberikan oleh pimpinan.
4.2 Saran-Saran
Dalam rangka meningkatkan
pelaksanaan Disiplin Nasional, Instansi/Lembaga Pemerintah perlu diadakan
perbaikan-perbaikan diantaranya :
a. Disiplin waktu, dimana semua
pegawai baik mulai masuk jam kerja, istirahat, sampai dengan pulang haruslah
tempat waktu.
b. Disiplin kerja, dalam
melaksanakan kerja kepegawaian haruslah memanfaatkan waktu antara kerja dan
waktu istirahat.
DAftar
pustaka
Buku Adam, 1 MPA 1998. Perilaku
Organisasi, Sinar Baru. Bandung
SMK Bhakti Mandiri 2009 Pedoman
Prakerin
Buku Panduan Dinas Pertanian
Cibadak
laporan
praktik kerja industri
di dinas
pertanian kecamatan cibadak
Disusun
Sebagai Salah satu Syarat Kelulusan Pelaksanaan Kegiatan
Praktek
Kerja Industri
Disusun
oleh :
Juheti
Aliyanti
9946910114
program keahlian tekhnik komputer jaringan
smk bhakti mandiri cibadka
Jl.
Syech Nawawi Km. 09 Ds. Tambakbaya Kec. Cibadak
Kabupaten
Lebak – Banten
|
lembar
pengesahaan
Laporan
praktek kerja industry
Dinas
uptd pertanian pengelolaan daerah
kabupaten
lebak
Disusun
Oleh :
JUHETI
ALIYANTI
9946910114
Mengetahui dan Menyetujui
Kepala
Dinas Pertanian Pembimbing
Prakerin
FAthul Hakim Jijin Firman H.
|
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKERIN
NAMA :
JUHETI ALIYANTI
NIS/NISN : 9946910114
PROGRAM KEAHLIAN : TEKHNIK KOMPUTER JARINGAN
JUDUL LAPORAN : Praktik Kerja Industri di
UPTD Pertanian Kabupaen Lebak
Cibadak, 23 Februari 2012
Disetujui
dan Diterima
Koordinator
Prakerin Pembimbing
Prakerin
Dede Eka Setiawan, S.Pd.I Dede Eka SEtiawan,
S.Pd.I
Mengetahui,
Kepala SMK Bhakti Mandiri
Aed Jaenudin, S.Pd., M.Si
nip. 19711224 199701 3 003
|
Kata
Pengantar
Puji dan syukur
penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berksat dan rahmatNya
penyusun dapat menyelesaikan laporan prakerin di Dinas Pendapatan dan
Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lebak.
Penyusun laporan
Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu syarat untuk Ujian
Nasional (UN) dan sebagai wahana siswa dalam pembbelajaran bagaimana membuat
laporan hasil kegiatan yang baik.
Dalam menyelesaikan
laporan ini, penyusun mendapatkan bantuan, bimbingan dan doronan dari berbagai
pihak, untuk itu sepatutnya penyusun mengucapkan terima kasih kepada yang
terhormat :
1.
Bapak
Aed Djaenudin, S.Pd. M.Si Sebagai Kepala SMK Bhakti Mandiri Cibadak.
2.
Bapak
Fathul Hakim sebagai Kepala Dinas Pertanian
3.
Bapak
Agata Hermanto sebagai pembimbing prakerin di Dinas Pertanian
4.
Bapak
Dede Eka Setiawan, S.Pd.I sebagai PKS kurikulum SMK Bhakti Mandiri.
5.
Bapak
Falah Mutakin, A.Ma.Pd. sebagai Ketua Program TKJ sekaligus sebagai pembimbing
prakerin.
6.
Kedua
orang tua yang telah memberikan bantuan moral maupun materil sehingga penyusun
dapat menyelesaikan laopran prakerin.
7.
Seluruh
dewan guru yang telah banyak membantu penulis dalam pembuatan laporan ini.
8.
Semua
pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan serta do’a yang tidak bisa
penulis sebutkan satu persatu.
Penyusun menyadari dalam
penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penyusun
mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun agar laporan ini bisa
mendekati sempurna.
Akhir kata penyusun berharap
semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca
pada umumnya.
Cibadak, 23 Januari 2012
Penyusun
i
|
daftar isi
lembar
persetujuan
Lembaran
Pengesahan
Kata Pengantar .............................................................................. i
Daftar Isi.............................................................................................. ii
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang .......................................................................... 1
1.2 Tujuan Pembuatan Laporan ...................................................... 2
1.3 Metode dan Teknik Pengumpulan
Data ................................... 2
1.4
Waktu
dan Tempsat Prakerin .................................................... 2
BAB II Tinjauan Umum
2.1 Sejarah Singkat Institusi ........................................................... 3
2.2 Lokasi /Letak Geografis ........................................................... 4
2.3 Status ........................................................................................ 4
2.4 Kepegawaian ............................................................................. 4
BAB III Struktur organisasi, Tugas dan Fungsi
tata
kerja
3.1
Struktur
Organisasi Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak ....... 5
3.1.1
Kedudukan
tugas dan Fungsi ............................................. 6
3.1.2
Bidang
Tugas Unsur Organisasi .......................................... 6
3.1.3
Tugas
dan Fungsi sub-sub bidang dinas pertanian .............. 7
BAB IV Penutup
4.1 Kesimpulan ................................................................................ 10
4.2 Saran-saran ................................................................................ 12
ii
|
daftar pustaka ................................................................................
lampiran
iii
|
mantap sobat...sukses slalu....
BalasHapus