Selasa, 08 Januari 2013

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PKL) MHI



bab I
Pendahuluan


1.1   Latar Belakang
Sebagaimana tertuang dalam GHBN 1983 Menetapkan bahwa Sekolah Kejuruan menciptakan manusia yang mampu menjadi tenaga yang terampil tingkat menengah, yang laya juga dalam berbagai bidang pembangunan.
Dari pernyataan di atas maka dalam hal ini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa tujuan dari sekolah kejuruan adalah tidak hanya menghasilan tenaga kerja, tetapi harus mampu menciptakan kerja atau lapangan kerja, dengan usaha sendiri yang dapat menyerap tenaga kerja yang berpotensial.
Jika ditinjau dari manfaat dan fungsi Praktek Kerja Industri, yang diantaranya:
1.      Mengenal lebih dekat kepada  pekerjaan yang sebenarnya
2.      Media untuk mengenal lingkungan kerja yang pasti berbeda dengan lingkungan sekolah
3.      Membiasakan para siswa untuk mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya sesuai dengan program studi.
4.      Merupakan kesempatan yang baik bagi siswa untuk mencoba pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang telah ditempuh di sekolah.
5.      Merupakan kesempatan yang untuk mematangkan siswa baik pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikapnya sebelum terjun memasuki lapangan kerja itu sendiri..
Dengan demikian jelaslah kegiatan ini sangat bermanfaat bagi penulis, khususnya untuk menimba ilmu pengetahuan di luar sekolah dan juga untuk memperoleh pengalaman kerja.




1.2   Tujuan Pembuatan Laporan
Uraian ini tertuju pada salah satu syarat untuk mengikuti ulangan umum semester akhir yaitu tiap para siswa yang akan mengikuti ulangan semester akhir diwajibkan untuk membusat laporan prakerin.
Untuk itulah penulis membuat laporan praktek kerja industry ini, semoga penyusunan laporan ini tidak saja berguna bagi penulis akan tetapi yang kami harapkan pula dapat berguna sebagai pembaca laporan.

1.3   Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Dalam rangka pengumpulan data penulis menggunakan metode sebagai berikut :
1.3.1        Cara Observasi
Cara melihat langsung dan menanyakan langsung kepada setiap pegawai yang ada di kantor Dinas Pertanian Kecamatan  Cibadak
1.3.2        Membaca petunjuk yang diberikan dari pegawai yang bersangkutan kepada penulis sehingga banyak data yang didapat.
1.3.3        Mencari buku-buku yang ada hubungannya dengan kegiatan prakerin.

1.4   Sistematika Penulisan
Untuk lebih mempermudah penyusunan laporan ini, penulis menyusun laporan dengan uraian sebagai berikut :
BAB I       : Pendahuluan yang terdiri dari tinjauan dan fungsi prakerin, tujuan pembuatan laporan, metode atau teknik pengumpulan data dan sistematika pembahasan.
BAB II     : Tinjauan umum, terdiri dari sejarah singkat instansi, Kepegawaian, Disiplin Kerja dan Pemeliharaan Lingkungan Kerja.
BAB III    : Struktur Organiasi, Fungsi dan Tata Kerja di UPTD
BAB IV    : Bab penutup mengemukakan kesimpulan dan saran-saran yang penulis tuangkan dalam laporan ini.


BAB II
Tinjauan umum


2.1  Sejarah Singkat Institusi
Kegiatan sub sektor pertanian tanaman pangan di Jawa Barat sejak jaman penjajahan sampai saat ini telah mengalami perkembangan yang mengembirakan baik dilihat dari segi pencapaian populasi, produksi, konsumsi, penyerapan tenaga kerja, pendapatan petani, permintaan masyarakat konsumen, investasi maupun sumbangan bagi devisa Negara.
Perkembangan tersebut tidak terlepas dari keberadaan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawab Barat dalam peranannya untuk meningkatan Produksi, Populasi, konsumsi dan pemasaran produk-produk pertanian tanaman pangan.
Pada tahun 1950 lahir Provinsi daerah Tingkat I Jawab Barat yang dibentuk dengan undang-undang Nomor 11 Tahun 1950, undang-undang tersebut memberikan beberapa urusan yang menjadi kewenangan pangkal daerah, diantaranya adalah urusan pertanian.
Dengan terbitnya peraturan perundang-undangan tersebut di atas maka pemerintah provinsi Jawab Barat mengeluarkan Surat Keputusan Dewan Pemerintah Daerah sementara Provinsi Jawa Barat Nomor 3/UPO/1952 tanggal 4 juni 1952 yang pokoknya menetapkan :
·         Membentuk Jawatan Pertanian Rakyat, Jawatan Kehewanan dan Jawatan Perikanan Darat.
·         Menunjuk beberapa pejabat sebagai Kepala Jawatan masing-masing
UPTD (Unit Pelaksanaan Tekhnik Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak) Hingga sekarang terus berkembang, dan membawahi 15 desa, dengan luas lahan sawah 135 Hektar, dengan jumlah kelompok kurang lebih 78 kelompok yang dibina oleh seorang kepala UPT, diantaranya satu orang pelaksana tekhnik dan 12 orang PPL (Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan) 1 orang petugas PPOPT (Petugas Pengawas Organisme Pengganggu Tanaman)

2.2  Lokasi /Letak Geografis
Letak Geografis Kantor Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak yaitu terletak di desa Bojongleles Berdekatan dengan Kantor Dinas Pertanian.
Selain itu letaknya juga sangat strategi dan dapat dilalui loleh semua kendaraan sehingga memudahkan untuk melaksanakan hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga.

2.3  Status
Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaga Negara tahun 1999 Nomor 60, Tambahan Lembara Negara Nomor 38, 39) Kantor UPTD Kecamatan Cibadak yaitu milik pemerintah.

2.4  Kepegawaian
·         Kepala Badan bertanggung jawab dalam mempersiapkan saran dan pertimbangan kepada Bupati di bidang kepegawaian;
·         Kepala Badan bertanggungjawab dalam hal perencanaan, pengelolaan dan pembinaan dalam bidang kepegawaian;
·         Kepala badan wajib membuat Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP.3) pegawai bawahanya setahun sekali dan Daftar Urut Kepangkatan (DUK). Sesuai dengan peraturan yang berlaku;
·         Kepala Badan mempersiapkan daftar pegawai yang akan mengikuti pendidikan di dalam dan diluar untuk disampaikan ke Kabupaten Ketentuan-Ketentuan lainnya mengenai kepegawaian di atur dengan peraturan yang berlaku.



Struktur organisasi, tugas dan fungsi tata kerja program kegiatan bidang dinas pertanian kecamatan cibadak


3.1 Struktur Organisasi Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak

Pelaksana UPT
FATHUL HAKIM
PPL Wilbin Cibadak
Asep Budi Kusmara, Sp
KEPALA UPT
FATHUL HAKIM
ppot
Aga Hermato
PPL Wilbin Malabar
Ruliadi
PPL Wilbin Asem Marga Luyu
Feby Irwan, Sp
PPL Wilbin Kaduagung
Jijin Firman .H
PPL Wilbin Cisangu
Dani Agustian
PPL Wilbin Bojles
Intan Triani, N.Sp
PPL Wilbin Mekar Agung
Jijin Firmanti
PPL Wilbin Cimentang Jaya
Dani Agustian
PPL Wilbin Tambak
Ida Nursaida .A
PPL Wilbin Panancangan
Momon Widoakong, Sp
PPL Wilbin Bojong Cae
Deri Ida Rahayu
PPL Wilbin Kaduagung Timur
Dicky Andika, D,S, St
PPL Wilbin  
Dicky Andika, D,S, St

PPL Wilbin  Pasar Keong
Ola Setiawan

PPL Wilbi Asem
Feby Irawan

3.1.1 Kedudukan, tugas dan fungsi
A.    Kedudukan
1)      UPTD (Dinas Pertanian Cibadak) yaitu sebagai pemantau petanian di Kecamatan Cibadak.
2)      UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Ciadak, Dipimpin oleh kepala dinas.
B.     Tugas
UPTD Dinas Kecamatan Cibadak mempunyai tugas membantu pemerintah Kabuapten dalam menangani pertanian di kecamatan.
C.     Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, maka Dinas Pertanian memiliki fungsi :
a)      Penyelenggaraan koordinasi kesekretariatan untuk memfasilitasi kelancaran tugas bidang Urusan Penanaman Modal;
b)      Penyelenggaraan perumusan peraturan perundang-undangan sesuai ketentuan yang berlaku;
c)      Penyelenggaraan pengelolaan urusan keuangan, umum dan kepegawaian;

3.1.2 Bidang Tugas Unsur Organisasi
·         Kepala Badan
Kepala Badan mempunyai tugas memimpin, merumuskan kebijakan, merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi seluruh Kegiatan Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak. 
·         Sekretariat
Sekretaris dipimpin oleh Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Badan serta mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana program Badan, pengelolaan urusan umum dan perlengkapan, keuangan serta urusan kepegawaian.
Dan memiliki tugas sebagai beirkut :

a.       Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan;
b.      Menyelnggarakan pengkajian anggaran belanja;
c.       Menyelengarakan pengendalian administrasi belanja;
d.      Menyelengarakan pengelolaan administrasi kepegawaian;
e.       Menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
f.       Menyelenggaraan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
g.      Menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian peraturan;
h.      Menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan;
i.        Menyelenggarakan pembinaan Jabatan Fungsional;
j.        Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
k.      Menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
l.        Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

3.1.3 Tugas dan fungsi sub-sub bidang dinas petanian
·         Bidang Perencanaan membawahi :
a.       Sub Bidang Data dan Informasi
b.      Sub Bidang Analisa Program
·         Sub-sub Bidang sebagaimana dimaksud pada ayat (4) masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Perencanaan.
·         Sub Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknik, pembinaan dan pelaksanaan sosialisasi atas kebijakan dan perencanaan pengembangan, kerjasama luar negeri, promosi, pemberian pelayanan perizinan, pengendalian pelaksanaan, dan system informasi penanaman modal skala propinsi kepada aparatur pemerintah dan dunia usaha; Membangun dan mengembangkan system informasi penanaman modal pemerintah dan pemerintah kabupaten / kota;
Mengumpulkan dan mengolah data kegiatan usaha penanaman modal dareah; mengkaji, merumuskan dan menyusun pedoman tata cara pembangunan dan pengembangan system informasi penanaman modal skala propinsi; Membina dan mengawasi pelaksanaan intansi penanaman modal kabupaten / kota di bidang sistem informasi  penanaman modal dan menyusun peta investasi daerah propinsi dan potensi sumber daya manusia termasuk pengusaha mikro, kecil, menengah, koperasi dan besar berdasarkan masukan dari daerah kabupaten / kota.
1.      Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Data dan Informasi mempunyai fungsi :
a.       Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis perencanaan dan program Data dan Informasi
b.      Pelaksanaan pelayanan administasi, teknis pengembangan dan fasilitasi Data dan Informasi.
2.      Rincian Tugas Sub Bidang Data dan Informasi :
a.       Melaksanakan penyusunan program kerja Sub Bidang Data dan Informasi;
b.      Melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis data dan informasi;
c.       Melaksanakan penyusunan bahan fasilitas penyelenggaraan Data dan Informasi;
d.      Melaksanakan penyusunan rencana kegiatan tahunan Sub. Bidang Data dan Informasi sesuai program dan urusan dengan mempedomani peraturan perundang-undangan serta kebijakan teknis lembaga pemerintah terkait;
e.       Melaksanakan penyusunan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan;
f.       Melaksanakan Pengelolaan Data dan Informasi;
g.      Melaksanakan fasilitas pelaksanaan usaha-usaha Data dan Informasi;
h.      Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi Data dan Informasi;
i.        Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengembalian kebijakan;
j.        Melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi;
k.      Melaksanakan koordinasi dengan unti kerja terkait;
l.        Melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
m.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan



BAB IV
Penutup


4.1 Kesimpulan
Dari hasil kegiatan prakerin penulis dapat mempelajari dan mengetahui UPTD Cibadak. Dan Penulis dapat menyimpulkan bahwa dinas pertanian kecamatan dibadak memiliki bidang perencanaan, yang meliputi :
a.       Sub Bidang Data dan Informasi ;
b.      Sub Bidang Analisa Program

Dan memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut :
·         Sub-sub Bidang sebagaimana dimaksud pada ayat (4), masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Perencanaan.
·         Sub Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang data dan informasi, meliputi : Pengkoordinasian pelaksanaan sosialisasi atas kebijakan dan perencanaan pengembanga, kerjasama diluar negeri, promosi, pemberian pelayanan perizinan, pengendalian pelaksanaan, dan system informasi penanaman modal skala propinsi kepada aparatur pemerintah dan dunia usaha; Membangun dan mengembangkan system informasi penanaman modal pemerintah dan pemerintah kabupaten/kota; mengumpulkan dan mengolah data kegiatan usaha penanaman modal dareah; mengkaji, merumuskan dan menyusun pedoman tata cara pembangunan dan pengembangan sistem informasi penanaman modal skala propinsi; Membina dan mengawasi pelaksanaan instansi penanaman modal kabupaten / kota di bidang sistem informasi penanaman modal dan menyusun peta investasi daerah propinsi dan potensi sumber daya manusia termasuk pengusaha mikro, kecil, menengah, koperasi dan besar berdasarkan masukan dari daerah kabupaten / kota.
·         Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bidang Data dan Informasi mempunyai fungsi :
a.       Pelaksanaan Penyusunan bahan kebijakan teknis perencanaan dan program Data dan Informasi;
b.      Pelaksanaan pelayanan administrasi, teknis pengembangan dan fasilitas data dan informasi.

3.      Rincian Tugas Sub Bidang Data dan Informasi :
a.       Melaksanakan penyusunan program kerja sub bidang data dan informasi
b.      Melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis data dan informasi
c.       Melaksanakan penyusunan bahan fasilitas penyelenggaraan data dan informasi
d.      Melaksanakan Data dan informasi sesuai program dan urusan dengan mempedomani peraturan perundang-undangan serta kebijakan teknis lembaga pemerintah terkait ;
e.       Melaksanakan penyusunan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan;
f.       Melaksanakan pengelolaan Data dan Informasi;
g.      Melaksanakan fasilitas pelaksanaan usaha-usaha data dan informasi
h.      Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi data dan informasi;
i.        Melaksanakan penyusunan bahan terlaah staf sebagai bahan pertimbangan pengembalian kebijakan;
j.        Melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan sub Bidang data dan Informasi;
k.      Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
l.        Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
m.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
4.2 Saran-Saran
Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan Disiplin Nasional, Instansi/Lembaga Pemerintah perlu diadakan perbaikan-perbaikan diantaranya :
a.       Disiplin waktu, dimana semua pegawai baik mulai masuk jam kerja, istirahat, sampai dengan pulang haruslah tempat waktu.
b.      Disiplin kerja, dalam melaksanakan kerja kepegawaian haruslah memanfaatkan waktu antara kerja dan waktu istirahat.


DAftar pustaka

Buku Adam, 1 MPA 1998. Perilaku Organisasi, Sinar Baru. Bandung
SMK Bhakti Mandiri 2009 Pedoman Prakerin
Buku Panduan Dinas Pertanian Cibadak


laporan praktik kerja industri
di dinas pertanian kecamatan cibadak
Disusun Sebagai Salah satu Syarat Kelulusan Pelaksanaan Kegiatan
Praktek Kerja Industri


Disusun oleh :
Juheti Aliyanti
9946910114


















program keahlian tekhnik komputer jaringan
smk bhakti mandiri cibadka
Jl. Syech Nawawi Km. 09 Ds. Tambakbaya Kec. Cibadak
Kabupaten Lebak – Banten

2012
lembar pengesahaan


Laporan praktek kerja industry
Dinas uptd pertanian pengelolaan daerah
kabupaten lebak



Disusun Oleh :
JUHETI ALIYANTI
9946910114




Mengetahui dan Menyetujui


              Kepala Dinas Pertanian                          Pembimbing Prakerin




                 FAthul Hakim                             Jijin Firman H.


 

LEMBAR PERSETUJUAN LAPORAN PRAKERIN


NAMA                                        : JUHETI ALIYANTI
NIS/NISN                                   : 9946910114
PROGRAM KEAHLIAN          : TEKHNIK KOMPUTER JARINGAN
JUDUL LAPORAN                   : Praktik Kerja Industri di UPTD Pertanian Kabupaen Lebak


Cibadak, 23 Februari 2012



Disetujui dan Diterima


           Koordinator Prakerin                                   Pembimbing Prakerin




      Dede Eka Setiawan, S.Pd.I                      Dede Eka SEtiawan, S.Pd.I


Mengetahui,
Kepala SMK Bhakti Mandiri




Aed Jaenudin, S.Pd., M.Si
nip. 19711224 199701 3 003


 

Kata Pengantar


Puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berksat dan rahmatNya penyusun dapat menyelesaikan laporan prakerin di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lebak.
Penyusun laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu syarat untuk Ujian Nasional (UN) dan sebagai wahana siswa dalam pembbelajaran bagaimana membuat laporan hasil kegiatan yang baik.
Dalam menyelesaikan laporan ini, penyusun mendapatkan bantuan, bimbingan dan doronan dari berbagai pihak, untuk itu sepatutnya penyusun mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Bapak Aed Djaenudin, S.Pd. M.Si Sebagai Kepala SMK Bhakti Mandiri Cibadak.
2.      Bapak Fathul Hakim sebagai Kepala Dinas Pertanian
3.      Bapak Agata Hermanto sebagai pembimbing prakerin di Dinas Pertanian
4.      Bapak Dede Eka Setiawan, S.Pd.I sebagai PKS kurikulum SMK Bhakti Mandiri.
5.      Bapak Falah Mutakin, A.Ma.Pd. sebagai Ketua Program TKJ sekaligus sebagai pembimbing prakerin.
6.      Kedua orang tua yang telah memberikan bantuan moral maupun materil sehingga penyusun dapat menyelesaikan laopran prakerin.
7.      Seluruh dewan guru yang telah banyak membantu penulis dalam pembuatan laporan ini.
8.      Semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan serta do’a yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.
Penyusun menyadari dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penyusun mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun agar laporan ini bisa mendekati sempurna.
Akhir kata penyusun berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca pada umumnya.


Cibadak, 23 Januari 2012


Penyusun


i

 

daftar  isi


lembar persetujuan
Lembaran Pengesahan
Kata Pengantar .............................................................................. i
Daftar Isi.............................................................................................. ii
BAB I Pendahuluan
1.1   Latar Belakang .......................................................................... 1
1.2   Tujuan Pembuatan Laporan ...................................................... 2
1.3   Metode dan Teknik Pengumpulan Data ................................... 2
1.4   Waktu dan Tempsat Prakerin .................................................... 2

BAB II Tinjauan Umum
2.1  Sejarah Singkat Institusi ........................................................... 3
2.2   Lokasi /Letak Geografis ........................................................... 4
2.3  Status ........................................................................................ 4
2.4  Kepegawaian ............................................................................. 4

BAB III Struktur organisasi, Tugas dan Fungsi
               tata kerja
3.1   Struktur Organisasi Dinas Pertanian Kecamatan Cibadak ....... 5
3.1.1        Kedudukan tugas dan Fungsi ............................................. 6
3.1.2        Bidang Tugas Unsur Organisasi .......................................... 6
3.1.3        Tugas dan Fungsi sub-sub bidang dinas pertanian .............. 7

BAB IV Penutup
4.1 Kesimpulan ................................................................................ 10
4.2 Saran-saran ................................................................................ 12
ii

 
daftar pustaka ................................................................................
lampiran
iii
 

1 komentar: