PROPOSAL
PENELITIAN
“PENGARUH JALUR
ZONASI DAN JALUR PRESTASI DALAM PENERIMAAN SISWA BARU TERHADAP KARAKTER SISWA
DI SMAN 1 WARUNGGUNUNG”
DISUSUN OLEH: KELOMPOK 1
1.
Silvi Wahyuni
2.
Alfiana Putri A
3.
Dimas Handika
4.
Dilla Oktaviana
SMA NEGERI 1 WARUNGGUNUNG
Jalan Raya Pandeglang Km. 12
Kecamatan Warunggunung
Lebak-Banten
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan rahmat
dan petunjuk-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan Proposal
penelitian
ini yang
berjudul “PENGARUH JALUR ZONASI DAN JALUR PRESTASI DALAM PENERIMAAN SISWA BARU
TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMAN 1 WARUNGGUNUNG” dengan baik.
.Sebelumnya, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Guru Bahasa Indonesia yang telah
memberikan tugas ini dan yang telah membimbing kami dalam penyelesaian
tugas kelompok ini, sehingga kami dapat menyelesaikannya dengan baik,
dan kami meminta maaf jika masih banyak kesalahan dalam penulisan ataupun penyusunannya karna
kami masih dalam proses pembelajaran.
Kami menyadari
terdapat banyak kelemahan dan keterbatasan yang ada, sehingga terbuka
kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penulisan Proposal Penelitian ini. Kami sangat memerlukan kritik dan saran
yang membangun dari para pembaca Proposal Penelitian ini, terutama Ibu Guru
untuk penyempurnaan Proposal Penelitian kami.
.Demikianlah yang dapat kami sampaikan, kami berharap
semoga Proposal Penelitian ini bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.
Warunggunung, 26 Januari 2020
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL i
KATA
PENGANTAR ii
DAFTAR ISI
iii
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah 1
- Rumusan Masalah 3
- Tujuan Penelitian 3
- Manfaat Penelitian 3
- Sistematika Penelitian 4
BAB II
LANDASAN TEORI
- Landasan Teori 5
- Hipotesis 6
BAB III
METODE PENELITIAN
- Tabel Pengambilan Sampel Penelitian 7
BAB IV
PENUTUP
11
DAFTAR
PUSTAKA
12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Zonasi yaitu pembagian atau pemecahan
suatu areal menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsi dan tujuan
pengelolaan. Karakter menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu tabiat,
sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan
yang lain. Prestasi diartikan sebagai hasil usaha yang di capai dari apa yang
dikerjakan atau yang diusahakan. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah
meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya, baik karena hasil belajar,
bekerja, atau berlatih keterampilan dalam bidang tertentu. Pendaftaran
penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dibagi menjadi tiga jalur yakni jalur
zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan dinas orangtua.
Peraturan kementerian pendidikan dan
kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik
Baru (PPDB) memastikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tetap
menggunakan zonasi. Pada awalnya sistem zonasi bertujuan memberikan akses
pendidikan berkualitas dan mewujudkan Tripusat pendidikan (sekolah, keluarga,
masyarakat) dengan bersekolah dilingkungan tempat tinggal. Penerapan sistem
zonasi membuat sekolah dibawah pemerintah atau berstatus negeri dalam proses
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) wajib menerima minimal 90% siswa baru yang
berasal dari dekat sekolah. Calon siswa yang berdomisili jauh dari lokasi sebuh
sekolah kehilangan kesempatan untuk bisa terdaftar menjadi salah satu siswa
disekolah tersebut. (Zonasi PPDB: 2019).
Di SMAN 1 Warunggunung tahun 2019 juga memulai
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan menggunakan sistem zonasi atau
jalur zonasi sehingga siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah sudah pasti
diterima sedangkan yang jauh dengan sekolah harus mengurungkan niatnya untuk
bersekolah diSMA Negeri karena di Warunggunung SMA Negeri hanya satu yaitu SMA
Negeri 1 Warunggunung yang lainnya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada
tahun 2018 masih menggunakan jalur prestasi atau nilai, jadi yang nilainya
bagus bisa masuk ke sekolah yang mereka inginkan meskipun rumahnya jauh dengan
sekolah. Kedua jalur ini sangat mempengaruhi terhadap kerakter siswa khususnya
di SMAN 1Warunggunung dan keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya
ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Disini kami ingin meneliti
perbedaan itu, jika dilihat dari kasat mata memang perbedaannya sangat terlihat
dari perilaku, dan tatakrama. Tindakan sekolah pun sedikit berbeda terhadap
siswa jalur zonasi di warunggunung ini, sekolah sudah mengerti dan mengetahui bagaimana karakter
anak-anak yang ada dizonasi ini.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat
dirumuskan suatu permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana
perbedaan karakter dari siswa yang diterima di jalur zonasi dengan siswa yang
diterima di jalur nilai atau prestasi?
2. Bagaimana
pengaruhnya kedua sistem atau jalur tersebut terhadap karakter siswa di SMA
Negeri 1 Warunggunung?
3. Bagaimana
upaya sekolah untuk terus memperbaiki
karakter siswanya dengan apapun sistem penerimaannya atau berbagai karakter
yang dimiliki siswa nya setiap tahun angkatan baru?
C. Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan
penelitian ini adalah:
1. Untuk
mengetahui bagaimana perbedaan karakter dari siswa yang diterima di jalur
zonasi dengan siswa yang diterima di jalur nilai atau prestasi.
2. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruhnya kedua sistem atau jalur tersebut terhadap
karakter siswa di SMA Negeri 1 Warunggunung.
3. Untuk
mengetahui bagaimana upaya sekolah untuk terus memperbaiki karakter siswanya
dengan apapun sistem penerimaannya atau berbagai karakter yang dimiliki
siswanya setiap tahun angkatan baru.
D. Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu
kita bisa mengetahui pengaruh dari sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB)
khususnya sistem zonasi terhadap karakter siswa atau pelajar yang ada di zonasi
tersebut dan disini khususnya di zonasi warunggunung yaitu di lingkungan SMA
Negeri 1 Warunggunung. Selain itu, kita akan mengetahui juga upaya sekolah
untuk permasalahan ini.
E. Sistematika
Penelitian
Sistematika penelitian ini terdiri
dari tiga bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan
bagian akhir penelitian.
1. Bagian Pendahuluan, dalam bagian ini
memuat judul, kata pengantar, dan daftar isi.
2. Bagian Pokok
1.
Bab I Pendahuluan
Bab ini menyajikan pendahuluan yang
meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat
penelitian, dan sistematika penelitian.
2.
Bab II Kajian pustaka
Bab
ini membahas tentang landasan teori yang mencakup pengertian,, kerangka
berfikir, dan hipotesis.
3.
Bab III Metode penelitian.
Bab ini membahas mengenai penentuan obyek penelitian,metode
pengumpulan data, dan analisis data.
4.
Bab IV Hasil penelitian dan pembahasan .
Bab ini menyajikan tentang laporan hasil penelitian dan
pembahasan dari penelitian sehingga data yang ada mempunyai arti.
5.
Bab V Penutup meliputi : simpulan dan saran
Bab ini menyajikan kesimpulan hasil
penelitian yang ditarik dari analisis-analisis data, hipotesis dan pembahasan
serta saran yang memuat masukan-masukan dari penulis yang terkait dengan
penelitian dan diuraikan kelemahan penelitian.
3. Bagian Akhir
a.
Daftar pustaka memuat
tentang daftar buku yang digunakan sebagai acuan yang relevan dengan penelitian
BAB
II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Landasan Teori
Sistem zonasi adalah sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa
baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Sistem tersebut diatur dalam
permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 dan ditujukan agar tak ada sekolah-sekolah
yang dianggap sekolah favorit atau non-favorit. (Wikipedia bahasa indonesia)
Pengertian sistem zonasi sekolah sesuai Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018
adalah memberikan prioritas lebih kepada calon peserta didik untuk masuk
sekolah yang dekat dengan zonasi tempat tinggalnya.(Pelayanan Publik id :2019)
Prestasi berasal dari bahasa Belanda
yang artinya hasil dari usaha.[1] Prestasi diperoleh dari usaha yang telah
dikerjakan.[2] Dari pengertian prestasi tersebut, maka pengertian prestasi diri
adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang.[1] Prestasi dapat dicapai
dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta
ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan.[1] Karakter
orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan
kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh [2]
Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu,
dibutuhkan kerja keras.(Wikipedia :2009).
Menurut para ahli tentang karakter yaitu Maxwell,Menurut Maxwell,
karakter jauh lebih baik dari sekedar perkataan. Lebih dari itu, karakter
merupakan sebuah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan.Menurut Wyne,
karakter menandai bagaimana cara atau pun teknis untuk memfoukuskan penerapan
nilai kebaikan ke dalam tindakan atau pun tingkah laku.(Wikipedia bahasa indonesia ).
“Kewajiban pemerintah dan sekolah adalah memastikan semua anak mendapat
pendidikan dengan memerhatikan anak harus masuk ke sekolah terdekat dari
rumahnya,Karena pada dasarnya anak bangsa memiliki hak yang sama. Karena itu,
tidak boleh ada diskriminasi, hak eksklusif, kompetisi yang berlebihan untuk
mendapatkan layanan pemerintah. Sekolah negeri itu memproduksi layanan publik.
Cirinya harus non excludable, non rivarly, dan non discrimination," (Mendikbud Muhadjir : 2019).
B. Hipotesis
Dari berbagai uraian diatas dapat
kita simpulkan sementara bahwa:
1.
Sistem zonasi hanya menerima sebagian besar siswa yang
lingkungan tempat tinggalnya dekat dengan sekolah.
2.
Sistem zonasi itu pun sesuai dengan Permendikbud Nomor 51
Tahun 2018.
3. Karakter siswa pun bisa terlihat dan
dapat diketahui karena lingkungan tempat tinggalnya yang dekat dengan sekolah.
BAB III
METODE PENELITIAN
a. Metode
Penelitian
Jenis
penelitian yang akan kami gunakan dalam pengambilan data yaitu
mewawancarai siswa siswi SMA Negeri 1
Warunggunung khususnya kelas X IPA 2, X IPS 3, XI IPA 3, dan XI IPS 3. Kami
juga akan memberikan sebuah angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan.
b. Jenis
Penelitian
1. Wawancara
2. Angket
c. Lokasi
dan Waktu Penelitian
Lokasi pengambilan data penelitian
yaitu di SMA Negeri 1 Warunggunung jalan Raya Pandeglang KM. 12 desa Cibuah
Tapen kecamatan Warunggunung kabupaten Lebak-Banten.
Waktu penelitian
No
|
Waktu
|
Tempat
|
1.
|
10 Februari 2020
|
X IPA 2 dan 10 IPS 3
|
2.
|
14 Februari 2020
|
XI IPA 3 dan XI IPS 3
|
d. Teknik Pengumpulan Data
Penelitian ini menggunakan dua cara pengumpulan data yaitu:
1. Wawancara
Teknik pengumpulan data dengan wawancara yaitu mengambil sampel beberapa
siswa siswi SMA Negeri 1 Warunggunung untuk ditanya seberapa tahu mereka
tentang perbedaan karakter siswa yang menggunakan Jalur Zonasi dan Jalur
Prestasi atau Nilai.
2. Angket
Teknik pengumpulan data dengan angket yaitu mengambil
sampel beberapa kelas yaitu X IPA 2, X IPS 3, XI IPA 3, dan XI IPS 3. Untuk
mengetahui berapa besar pengaruh Jalur Zonasi dan Jalur Prestasi atau Nilai
terhadap karakter siswanya.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sistem zonasi
yaitu suatu sistem penerimaan peserta Didik baru yang sesuai dengan lingkungan
tempat tinggal atau bersekolah di sekolah yang dekat dengan tempat tinggal agar
tidak ada yang namanya sekolah favorit atau nonfavorit. Sistem ini ada yang pro
dan ada yang kontra. Di penelitian ini zonasi menjadi pengaruh untuk karakter
siswa siswi di SMA Negeri 1 Warunggunung.
Guru Pembimbing
Penulis
Ari Aditiarini. s,pd
Silvi Wahyuni
NIP: 197605022008012010
NIP: 18191035
DAFTAR PUSTAKA
https: //
id.m.Wikipedia.org.Wiki,Sistem_Zonasi
https: //edukasi.Kompas.com,Zonasi_Sekolah
https: // id.m.Wikipedia.orv.Wiki, Karakter
https: // kbbi.web.id.Prestasi