Rabu, 22 Januari 2020

laporan pkl praktek kerja lapangan smkn 2 pandeglang


Bab I
Pendahuluan


A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik bagi peranannya di masa datang yang menjadi tanggung jawab pemerintah, swasta dan masyaakat serta dunia usaha/industri. Salah satu pengalaman berharga bagi peserta didik adalah pengalaman yang diperoleh langsung oleh siswa melalui Praktik Kerja Lapangan.
Untuk melaksanakan program Praktik Kerja Industri perlu kerjasama dengna industri yang relevan dengan Program Keahlian yang ada di sekolah. Jadi industri yang dipergunakan untuk pelaksanaan Program Praktik Kerja Indsutri Lapangan adalah perusahaan yang memenuhi syarat dan relevan dengan program keahlian masing-masing praktikan.
Dalam pelaksanaan praktik, siswa diwajibkan menulis laporan Praktik Kerja Lapangan sesuai dengan tata tulis ilmiah. Selanjutnya akan diperiksa oleh guru pembimbing. Disamping itu siswa harus menyerahkan catatan kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang ditandatangani/disyahkan pembimbing industri disertai surat keterangan atau kesan industri terhadap siswa dan lembar evaluasi dari pembimbing industry kepada koordinasi Praktik Kerja Lapangan di sekolah beserta sertifikatnya.
Dengan program Praktik Kerja Lapangan diharapkan siswa dapat mengetahui perkembangan teknologi dan industri yang relevan dengan program keahliannya dan meningkatkan kerja sama yang erat antara sekolah dengan industri.

B.    Tujuan Praktik Kerja Lapangan
1.     Tujuan Khusus
Setelah siswa menempuh/melaksanakan program Praktik Kerja Lapangan dapat :
1.     Mempelajari manajemen industri terutama mengenai struktur organisasi, data-data produksi, deskripsi tugas staf teknik dan kompetensi lulusan SMK yang dikehendaki industri.
2.     Melaksanakan tugas kegiatan produksi dan jasa serta pengendalian mutu di industri.
3.     Membuat laporan Praktik Kerja Lapangan dengan format yang telah ditentukan

C.    Manfaat/Kegunaan Praktik Industri
Manfaat yang diharapkan dari praktik industri ini adalah sebagai berikut :
1.     Meningkatkan keterampilan kerja siswa agar lebih siap untuk di dunia lapangan kerja.
2.     Menciptakan lulusan yang disiplin dan siap bekerja
3.     Dapat berpartisipasi dalam hal pendidikan dan membangun kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan pihak industri.



Bab II
Kegiatan Umum


A. Sejarah Singkat
Tunas Ridean Tbk (TURI) didirikan tanggal 24 Juli 1980 dan kegiatan komersial dimulai tahun 1981. Kantor pusat TURI berlokasi di Gedung Tunas Toyota Lantai 3 Jl Raya Pasar Minggu No 7 Jakarta 12740 – Indonesia. Telp: (62-21) 794-4788 (Hunting), Fax: (62-21) 799-5621.
Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Tunas Ridean Tbk, antara lain: PT Tunas Andalan Pratama (pengendali) (45,45%) dan Jardine Cycle & Carriage Ltd (dahulu bernama Jardine Motors Group) (43,84%).
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan TURI adalah keagenan, penyaluran, industri, perdagangan, pengangkutan dan kontraktor. Ruang lingkup kegiatan utama Anak Usaha meliputi keagenan, penyaluran, industri, perdagangan, pengangkutan dan penyewaan kendaraan bermotor, dan jasa penyediaan pengemudi. Tunas Ridean merupakan dealer dari Toyota, BMW, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot, serta agen sepeda motor Honda.
Pada tahun 1995, TURI memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham TURI (IPO) kepada masyarakat sebanyak 28.000.000 saham dengan nilai nominal Rp1.000,- per saham dengan harga penawaran Rp7.500,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 16 Mei 1995.

B.    Visi dan Misi
Visi dan misi tunas group
Sebagai sebuah perusahaan besar, PT. Tunas Ridean Tbk mempunya visi dan misi untuk meninkatkan kinerja perusahaan mereka.

Visi
Menjadi penyedia solusi otomotif terbaik
Misi
  1. Pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan
  2. Operasional yang efisien dan unggul
  3. Memaksimalkan potensi karyawan tunas
  4. Sinergi antara sumber daya manusia, teknologi dan system
Untuk mewujudkan tujuan menjadi penyedia solusi otomotif yang terbaik, PT Tunas Ridean Tbk membuat suatu budaya yang mereka terapkan di perusahaan mereka atau yang lebih dikenal dengan nama “Budaya Tunas”. Mereka mengambil budaya tersebut berdasarkan dari nama perusahaan mereka sendiri.
    


BAB III
Uraian kegiatan praktek


3.1.    Catatan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Nama                 : Rifqy Gilang Ramadhan
Nis                     : 0028491928
Kelas                 : XII TKR 3
Tempat              : PT. Tunas Redean. Tbk
No
Hari/Tanggal
Jam
Jenis Kegiatan
1
Kamis, 04-07-2019
07.00-16.00
-        Mengganti oli
-        Membersihkan Kap Silinder
-        Mengganti oli
-        Mengganti oli + membersihkan kanpas rem
2
Jum’at, 05-07-2019
07.00-16.00
-        Mengganti oli
-        Mengganti oli
-        Memperbaiki kunci pintu mobil
-        Mengganti kanpas rem
3
Sabtu, 06-07-2019
07.00-16.00
-        Menyetel kopling
-        Membersihkan busi
-        Mengganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
-        Ganti oli dan membersihkan kanpas rem
-        Ganti kanpas rem
4
Selasa, 09-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
5
Rabu, 10-07-2019
07.00-16.00
-        Memperbaiki shock breaker
-        Ganti oli
6
Kamis, 11-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
7
Jum’at, 12-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
8
Sabtu, 13-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti shock breaker belakang
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
9
Senin, 15-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan pengonci pintu
-        Membersihkan kanpas rem
10
Selasa, 16-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Ganti kanpas rem depan
11
Rabu, 17-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Membersihkan shock breaker depan
12
Kamis, 18-07-2019
07.00-16.00
-        Cek 1000 km
-        Ganti oli
13
Jum’at, 19-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Cek 1000 km
14
Sabtu, 20-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
15
Senin, 22-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
16
Selasa, 23-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Membleding rem
17
Rabu, 24-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
18
Kamis, 25-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
19
Jum’at, 26-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan busi
20
Sabtu, 27-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
21
Senin, 29-07-2019
07.00-16.00
-        -
22
Selasa, 30-07-2019
07.00-16.00
-        -
23
Rabu, 31-07-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
24
Kamis, 01-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
25
Jum’at 02-08-2019
07.00-16.00
-        -
26
Sabtu, 03-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
27
Senin, 05-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
28
Selasa, 06-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Mengganti filter solar
29
Rabu, 07-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli  
30
Kamis, 08-08-2019
07.00-16.00
-        Service cek 1000 km (2) unit
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
31
Jum’at, 09-08-2019
07.00-16.00
-        Membleding rem
-        Ganti oli
32
Sabtu, 10-08-2019
07.00-16.00
-        Service berkala
-        Membersihkan busi
-        Memperbaiki kelistrikan
33
Senin, 12-08-2019
07.00-16.00
-        Memperbaiki indicator bersin
-        Ganti oli
34
Selasa, 13-08-2019
07.00-16.00
-        Cek 1000 km
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
35
Rabu, 14-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
36
Kamis, 15-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersikan rem
37
Jum’at, 16-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Ganti kanpas rem
38
Senin, 19-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
39
Selasa, 20-08-2019
07.00-16.00
-        Service pertama/ cek 1000 km
-        Ganti pilter solar
-        Ganti oli
40
Rabu, 21-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan busi
-        Membersihkan kanpas rem
41
Kamis, 22-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
42
Jum’at, 23-08-2019
07.00-16.00
-        Service pertama/cek 1000 km
-        Ganti oli
-        Filter solar
43
Sabtu, 24-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanvas rem
44
Senin, 26-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
-        Mengganti selang wiper
-        Membersihkan busi
45
Selasa, 27-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
-        Mengganti kanpas rem depan
46
Rabu, 28-08-2019
07.00-16.00
-        Mengganti kanpas rem depan
-        Ganti oli
47
Kamis, 29-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan kanpas rem
48
Jum’at, 30-08-2019
07.00-16.00
-        Service cek 1000 km
-        Ganti oli
-        Membersihkan master rem
49
Sabtu, 31-08-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Ganti oli
50
Senin, 02-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Mengganti computer air bag
51
Selasa, 03-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membleding rem
52
Rabu, 04-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan busi
-        Membersihkan rem
53
Kamis, 05-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
-        Mengganti lower suspension arm
54
Jum’at, 06-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
55
Sabtu, 07-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
56
Senin, 09-09-2019
07.00-16.00
-        Cek 1000 km
-        Ganti oli
-        Mengganti busi
57
Selasa, 10-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Mengganti pilter solar
-        Mengganti kanpas rem depan
58
Rabu, 11-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Cek 1000 km
59
Kamis, 12-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
60
Jum’at, 13-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
61
Sabtu, 14-09-2019
07.00-16.00
-        Membersihkan rem
-        Ganti oli
-        Mengganti tre rod end
62
Senin, 16-09-2019
07.00-16.00
-        Cek 1000 km
-        Ganti oli
63
Selasa, 17-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
64
Rabu, 18-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
65
Kamis, 19-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
66
Jum’at, 20-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
67
Sabtu, 21-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
68
Senin, 23-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Mengganti universal joint
69
Selasa, 24-09-2019
07.00-16.00
-        Cek 1000 km
-        Ganti oli
70
Rabu, 25-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Membersihkan rem
71
Kamis, 26-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Cek 1000 km
72
Jum’at, 27-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli
-        Mengganti busi dan coil
73
Sabtu, 28-09-2019
07.00-16.00
-        Sakit
74
Senin, 30-09-2019
07.00-16.00
-        Ganti oli dan membersihkan rem
-        Mengganti baut roda depan




Bab IV
Penutup


1.1.    Kesimpulan      
1.     Selama melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas. Ternyata berinteraksi atau menggeluti dunia usaha tidak sangat mudah, ad abanyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita ajak untuk menjalani hubungan kerjasama dapat terkesan akan yang kita lakukan atau kerjakan, dan yang pasti sangat mendapatkan banyak pengalaman di dunia usaha.
2.     Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi dapat berlatih untuk mampu bergau dan bekerja sama dengan masyarakat luas.
3.     Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahali dan profersional dalam bidangnya yang mamp memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang akan diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.     Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah perusahaan ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para pegawai.

1.2.    Saran
1.     Harapan saya supaya kedisiplinan sekolah ditegaskan karena kedisiplinan adlaah modal dari keberhasilan.
2.     Mohon proses pembelajaran ditingkatkan lagi.
3.     Dan saat jam praktikum agar materi belajar dapat terselesaikan ditiap jurusan masing-masing yang ada di SMK Negeri 2 Pandeglang.
4.     Untuk adik-adik kelas tingkatkan lagi prestasi kalian, semangat terus dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Bagi siswa-siswi yang selalu melanggar peraturan tata tertib di sekolah hendaknya tidak diperbolehkan masuk kelas saat pembelajaran atau diberi sanksi yang pantas atas kelakukan yang mereka perbuat.




     


LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN
DI
PT. TUNAS REDEAN, TBK.


 











DISUSUN OLEH :
NAMA           
KELAS           : XII TKR 3
NIS                 


PEMERINTAH PROVINSI BANTEN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(SMK) NEGERI 2 PANDEGLANG

Email : info@smknpandeglang
JL.AMD.3 KADUBANEN PANDEGLANG-BANTEN Telp. (0253) 203901 FAX 206926


 
LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 2 PANDEGLANG

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah disetujui dan disahkan pada :

Tanggal           :
Di                    : SMK Negeri 2 Pandeglang
Tempat            : Jl. Amd Km. 3 Kadubanen Pandeglang Telp. (0253) 203901 Fax
  206926


Menyetujui,
              Pembimbing Industri                                       Pembimbing Sekolah



          Cunto Hendrianto                                  Eha Hamdiah, Se
                                                                                  Nip. 197202122007011021

Mengetahui,
                  Kepala Sekolah                                                    Waka HKI
              SMKN 2 Pandeglang                                       SMKN 2 Pandeglang


     Drs. H. Ade Firdaus, M.Pd.                                    Titi Hayati
       Nip. 19660606 199212 1 003                           Nip. 1968041220008012010




Text Box: i
 
LEMBAR PENGESAHAN
Praktik kerja industri

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama             : Rifqy Gilang Ramadhan
NIS                  : 0028491928
Kelas               : XII TKR 3
Sekolah Asal   : SMK Negeri 2 Pandeglang
Nama tersebut di atas telah melakukan PKL pada Perusahaan/Instansi kami, selama 3 bulan.
Demikian lembaran pengesahan ini dibuat dengan sebenarnya.


Menyetujui,
              Pembimbing Industri                                       Pembimbing Sekolah



          Cunto Hendrianto                                  Eha Hamdiah, Se
                                                                                  Nip. 197202122007011021

Mengesahkan,
                  Kepala Sekolah                                                    Waka HKI
              SMKN 2 Pandeglang                                       SMKN 2 Pandeglang


     Drs. H. Ade Firdaus, M.Pd.                                    Titi Hayati
       Nip. 19660606 199212 1 003                           Nip. 1968041220008012010


Text Box: ii
 
Kata pengantar


Dengan mengucapkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepad apenulis sehingga dapat menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Tunas Redean. Tbk. Pada tanggal 04 Juli 2019 sampai 30 September 2019.

Laporan ini dapat diselesaikan atas bantuan dan bimbingan semua pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), terutama kepada :
2.     Bapak Drs. H. Ade Firdaus, M.Pd. selaku kepala sekolah SMKN 2 Pandeglang
3.     Ibu Titi Hayati, selaku Waka Hubinmas
4.     Bapak Cunto Hendrianto, selaku pembimbing PKL
5.     Bapak Saepul Bachri, selaku Kepala Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
6.     Ibu Eha Hamdiah, SE, selaku Pembimbing Sekolah.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada penulisan Laporan PKL ini. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih baik lagi dalam menyusun laporan PKL. Dan semoga segala kekurangan dan kesalahan-kesalahan dalam penulisan laporan ini adalah keterbatasan wawasan dan pengetahuan kami yang terbatas dan penulis berharap dapat dimaklumi.

Pandeglang,    Oktober 2019

Text Box: iiiPenyusun
Daftar isi

Lembar Pengesahan ............................................................................. i-ii
Kata pengantar ..................................................................................... iii
Daftar isi .................................................................................................... iv
Daftar lampiran .................................................................................... v
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang .................................................................................... 1
B.    Tujuan Khusus Praktik Kerja Lapangan ............................................. 1
C.    Manfaat/Kegunaan Praktik Kerja Lapangan ...................................... 2

BAB II Kegiatan Umum
A.    Sejarah Singkat PT. Tunas Redean. Tbk ............................................ 3
B.    Visi dan Misi PT. Tunas Redean Tbk. ................................................ 3

BAB III Kegiatan Khusus
A.    Catatan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan ......................................... 5

BAB IV Penutup
A.    Kesimpulan ......................................................................................... 7
B.    Saran .................................................................................................... 7




Text Box: iv

 

Daftar lampiran

Lampiran 1     Identias Siswa, Sekolah dan Industri
Lampiran 2     Foto Kopi Catatan Kegiatan
Lampiran 3     Lembar Penilaian Laporan
Lampiran 4     Kesan dan Rekomendasi Industri Terhadap Praktik Kerja
Lapangan (PKL)













Text Box: v
 






Lampiran



 

                                                    Identitas siswa

Nama                                      : Rifqy Gilang Ramadhan
Nomor Induk Siswa                : 0028491928
Tempat, Tanggal Lahir           : Lebak, 20 November 2002
Jenis Kelamin                                     : Laki-laki
Agama                                    : Islam
Alamat Siswa                         : Kp. Naglasari Ds. Sindangsari Kec. Warunggunung
                                                  Kab. Lebak Prov. Banten
Kelas                                       : XII (dua belas)
Program Keahlian/Jurusan     : Teknik Kendaraan Ringan
Nama Sekolah                        : SMK Negeri 2 Pandeglang
Nama Orangtua                      :
-        Ayah                           : Uci Sanusi
-        Ibu                               : Ela Nurlela
Alamat Orangtua                    : Kp. Neglasari Ds. Sindangsari Kec. Warunggunung
                                                  Kab. Lebak Prov. Banten
Pekerjaan Orangtua                :
-        Ayah                           : Buruh
-        Ibu                               : Mengurus Rumah Tangga


Pandeglang,       Oktober 2019


Rifqy Gilang Ramadhan




 

Identitas sekolah dan instansi
Identitas sekolah


Nama Sekolah                        : SMKN 2 Pandeglang
Nama Kepala Sekolah            : Drs. H. Ade Firdaus, M.Pd.
Alamat Sekolah                      : Jl. Amd. Km. 3 Kadubanen
No. Telepon                            : (0253) 203901 : Fax. 20692



Identitas instansi
PT. Tunas Redean Tbk.

Nama Instansi                                     : PT. Tunas Redean Tbk.
Jenis Usaha                             : Otomotif
Alamat                                    : Jl. Raya Cilegon Km. 14 Cilegon 42422-Banten
Mobile Direk Bengkel            : 082 111 99 1118/0812 1911 0635
Website                                   : www.tunasgroup.com
Nama Pemimpin                     : Wahyu Widodo
Nama Pembimbing                 : Cunto Hendrianto
Didirikan Tahun                     :

Jumat, 08 Desember 2017

resensi novel Hafalan shalat Delisa




Tugas bahasa indonesia
Resensi novel






 

















Disusun oleh :
Nama             : siti hukmiastunnisa     
Kelas            : XII IPA 1



Sma negeri 1 Warunggunung
Tahun ajaran 2017/2018
Judul resensi
Ikhlas dan tabah

Description: Hasil gambar untuk hafalan shalat delisa
Identitas Buku
Judul buku                    : Hafalan shalat Delisa
Nama Pengarang         : Tere Liye
Penerbit                        : Republika
Tahun Terbit                : 2012
Cetakan                         : xix, Februari 2012
Tebal buku                   : vi + 266 Halaman

Novel ini menceritaskan seorang anak perempuan berumur 6 tahun yang bernama Delisa. Delisa adalah seorang anak yang lugu, polos dan suka bertanya, ia anak bungsu dari 4 bersaudara. Delisa tinggal bersama uminya yang bernama Salamah dan kakak-kakaknya. Mereka tinggal di Aceh,  tepatnya di lhok Nga. Ayahnya yang biasa dipanggil Abi bernama Usman , beliau bekerja di kapal tanker dan baru pulang setiap 3 bulan sekali. Delisa mendapatkan tugas dari ibu guru Nur, yakni tugas menghafal bacaan sholat yang akan disetorkan pada hari minggu tanggal 26 desember 2004. Motivasi dari umi yang berjanji akan memberikan hadiah jika ia berhasil menghafalkan bacaan sholat. Hadiah kalung emas dua gram beriontin D untuk Delisa, sedangkan Abi akan memberikan sepeda untuk hafalan sholat Delisa jikalau lulus. Pagi itu hari minggu tanggal 26 Desember 2004, Delisa memperaktikan hafalah sholastnya di depan kelas. Tiba-tiba gempa bumi berkekuatan 8,9 SR yang disertai tsunami melanda bumi aceh. Seketika keadaan berubah, ketakutan dan kecemasan menerpa setiap jiwa saat itu. Namun, Delisa t etap melanutkan hafalan sholatnya. Ketika hendak sujud yang pertama, air itu telah menghanyutkan semua yang ada, menghempaskan Delisa, shalat Delisa belum sempurna. Delisa tergolek antara sadar dan tidak. Ketika tubuhnya ditemukan olehl prajurit smith yang kemudian menjadi mualaf dan berganti nama menjadi prajurit salam.
Beberapa waktu lamanya Delisa tidak sadarkan diri, keadaannya tidak kunjung membaik, sampai ketika seorang ibu yang dirawat sebelahnya melakukan sholat tahajud, pada bacaan sholat dimana hari itu hafalan shalat Delisa terputus, kesadaran dan kesehatan Delisa terbangun. Kaki Delisa harus dimaputasi. Delisa menerima tanpa mengeluh. Luka jahitan dan lebam disekujur tubuhnya tidak membuatnya berputus asa. Bahkan kondisi ini telah membawa ke pertemuan dengan abinya. Pertemuan yang mengharukan. Abi tidak menyangka Delisa lebih kuat menerima takdir yang telah digariskan oleh Allah.
Beberapa bulan dari kejadian Tsunami yang melanda lhok nga, Delisa memulai kembali kehidupan dari awal bersama abinya. Hidup di barak pengungsian yang didirikan sukarelawan local maupun asing. Hidup dengan orang-orang yang senasib. Beberapa bulan kemudian, Delisa mulai masuk sekolah kembali. Sekolah yang dibuka oleh tenaga sukarelawan. Delisa benar-benar lupa, tidak bisa mengingatnya. Lupa juga akan kalung berliontin D untuk Delisa, lupa akan sepeda yang dijanjikan Abi. Delisa hanya ingin menghafal bacaan shalatnya.
Akhir dari novel ini, Delisa mendapatkan kembali hafalan shalatnya. Sebelumnya Delisa bermimpi bertemu dengan uminya, yang menunjukkan kalung itu dan permintaan untuk menyelesaikan tugas menghafal bacaan sholatnya. Kekuatan itu telah membawa Delisa pada kemudahan menghafalnya. Delisa telah mampu melakukan shalat asharnya dengan sempurna untuk pertama kalinya, tanpa ada yang terlupa dan terballik. Hafalan sholat karena Allah, bukan karena sebatang coklat, sebuah kalung, atuapun sepeda. Selesai shalat ashar, Delisa pergi mencuci tangan ditepian sungai Delisa melihat ada pantulan cahaya matahari sore dari semak belukar, cahaya itu menarik perhatian Delisa untuk mendekat. Mendadak hati Delisa bergetar. Delisa berkata “Bukankah itu seuntai kadung ?” ternyata Delisa benar benda itu adalah kalung berinisial D untuk Delisa dalam genggaman tangan manusia yang sudah tinggal tulang. Tangan manusia yang sudah tinggal itu tidak lain adalah milik umi Delisa.
Novel hafalan shalat Delisa bertema sosial dan agama. Pengarang menggambarkan tokoh Delisa sebagai anak yang pantang menyerah, baik dan manja, latar yang ada dalam novel ini bertempat di Desa Lhok nga pesisir pantai Aceh. Alur dari cerita ini yaitu maju, mundur, maju (campuran) karena pada novel ini digambarkan bahwa Delisa mengenang masa-masa saat sebelum keluarganya meninggal karena bencana tsunami. Sudah pandang yang dipakai adalah orang ketiga serba tahu dibuktikan oleh pengarang yang selalu menyebut nama tokoh dan begitu mengerti perasaan yang dialami tokoh dan gaya bahasa yang dipakai pengarang yaitu : hiperbola (kalimat itu membuat melekeh seketika) personifikasi (gelombang tsunami sudah menghatam bibir pantai) dan metafora (pohon-pohon bertumbangan bagai kecambang tauge yang akarnya lemah menunjang). Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah bersyukur , tetapi semangat dengan apa yang diberikan oleh Allah SWT. Dan jangan pernah putus asa.
Keunggulan buku
-          Ceritanya yang sama dengan peristiwa dikejadian nyata,
-          Buku ini mengajak kita mengerti akan kehidupan, kematian, mencintai anugrah juga musibah, dan mencintai indahnya hidayah
-          Disertai dengan footnote (catatan kaki) dari kata-kata yang sulit dimengerti
Kelemahan buku
-          Masih ada kata-kata yang kurang dapat dimengerti oleh sebagian kalangan, seperti ayat-ayat suci Al-Qur’an, bahasa, daerah, dan lain-lain.
Kritik dan saran
-          Menurut saya buku ini sangast bagus dibaca untuk semua kalangan. Baik anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun. Pesan yang tersirat dalam novel ini memberikan banyak insfikasi bagi para pembacanya.  

resensi kumpulan cerpen perempuan patah hati yang kembali menemukan cinta melalui



Tugas bahasa indonesia
Resensi kumpulan cerpen  






 


















Disusun oleh :
Nama             : ivan jamborano      
Kelas            : XII IPA 2



Sma negeri 1 Warunggunung
Tahun ajaran 2017/2018
resensi kumpulan cerpen
perempuan patah hati yang kembali menemukan cinta melalui mimpi
Description: Hasil gambar untuk PEREMPUAN PATAH HATI YANG KEMBALI MENEMUKAN CINTA MELALUI MIMPI

Identitas Buku
Judul buku                    : Perempuan patah hati yang kembali menemukan
  cinta melalui mimpi
Nama Pengarang         : Eka Kurniawan
Penerbit                        : PT. Bentang Pustaka
Tahun Terbit                : 2015
Cetakan                         : 5 (2016)
Tebal buku                   : 170 Halaman

Eka Kurniawan lahir di Tasikmalaya 1974. Ia menyelesaikan studinya dari fakultas filsafat, universitas gajah mada. Menulis beberapa novel dan kumpulan caritas pendek yang paling baru adalah seperti dendam harus dibayar tunai (2014). Beberapa karyanya telah diterjemahkan, termasuk yang akan segera terbit. Beauty is a wound (new directions, newyork, 2015) dan Man Tiger (Verso Book, London, 2015).
Cerpen yang berjudul “Gerimis yang sederhana” menceritakan tentang seorang yang tengah menunggu temannya.
Cerpen kedua yang berjudul “gincu ini merah, sayang” menceritakan tentang sepasang kekasih yang menikah karena gincu dan berpisah karena gincu.
Cerpen ketiga yang berjudul “perempuan patah hati yang kembali kenemukan cinta melalui mimpi” menceritakan tentang seorang gadis yang percaya pada mimpi, hanya karena mimpinya selalu sama.
Cerpen keempat yang berjudul “penafsir kebahagiaan” menceritakan tentang seorang gadis yang pergi ke luar negeri untuk menjadi pemuas nafsu lelaki.
Cerpen kelima yang berjudul “Membuat senang seekor gajah” menceritakan tentang dua anak keil yang membantu memasukan seekor gajah kedalam lemari es.
Cerpen keenam yang berjudul “Tiga kematian marsilam” menceritakan tentang seseorang yang ingin sekali merasakan kematian.
Cerpen ketujuh yang berjudul “cerita batu” menceritakan tentang curahan hati sebuah batu.
Cerpen kedelapan yang berjudul “la cage auk folles” menceritakan tentang seorang laki-laki yang mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan hanya karena, dia merasa dia lebih perempuan.
Cerpen selanjutnya yang berjudul “setiap anjing boleh berbahagia” menceritakan tentang mimpi seekor anjing yang berharap mempunyai pemilik yang baik hati dan rela menangis deminya.
Dan cerpen terkahir yang berjudul “Kapten Bebek Hijau” menceritakan tentang seekor bebek yang tidak mau menerima takdirnya.
Dalam kumpulan cerpen ini bahasa yang digunakan mudah dipahami, dimana beberapa cerpen sangast cocok dibaca pelajar atau anak anak karena berisi animasi. Namun, beberapa cerpen juga berisi tentang kehidupan sex, yang tidak pantas dibaca, dan hanya membawa pengaruh buruk bagi pembaca, teru tama anak-anak dan pelajar.
Dari cerpen ini kita dapat mengetahui bagaimana warna-warninya kehidupan. Cerpenb “perempuan patah hati yang kembali menemukan cinta melalui mimpi” selain menghibur, juga memberikan banyak sekali makna kehidupan yang sangat cocok dibaca semua kalangan terutama orang dewasa.