Sabtu, 03 Juli 2021

makalah asas-asas manajemen

 

 

                       MAKALAH

                                              ASAS-ASAS  MANAJEMEN

                           Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah  " Asas-asas Manajemen ”

                         Dosen pengampu : Hasyim Adnan, M.M

Description: C:\Users\BUMDES DESA CISIMEUT\Documents\563ed94a66e8b.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh  :

 

 

                          

 

SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

STISIP BANTEN RAYA

PANDEGLANG

TAHUN

  2021

 


KATA PENGANTAR

 

            Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan rahmat karunia-Nya kepada saya, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Azas-azas Manajemen”. Penyusun makalah ini bertujuan sebagai penunjang azas-azas menajemen yang nantinya dapat digunakan mahasiswa  untuk menambah wawasan dan pengetahuannya.

Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini mungkin banyak terdapat kesalahan-kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritikan-kritikan dari membaca, dan mudah-mudahan makalah ini juga dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR  .........................................................................................................................     i

 

DAFTAR ISI  .......................................................................................................................................    ii

 

BAB I PENDAHULUAN  ...................................................................................................................    1

 

      A.   Latar Belakang  ........................................................................................................................    1

      B.   Rumusan Masalah  ....................................................................................................................    1

      C.   Tujuan Pembahasa  ...................................................................................................................    1

 

BAB II PEMBAHASAN  ....................................................................................................................    2 

                                                    

A.    Pengertian Manajemen  .............................................................................................................    2

B.     Tingkatan Manajemen  ..............................................................................................................    2 

C.     Fungsi Manajemen  ....................................................................................................................    3

D.    Kepemimpinan  ..........................................................................................................................    5

E.     Prinsip-prinsip Manajemen  .......................................................................................................    5  

 

BAB III PENUTUP  .............................................................................................................................    7

 

       A. Kesimpulan  ...............................................................................................................................    7

       B. Saran  .........................................................................................................................................    7

DAFTAR PUSTAKA  ..........................................................................................................................    8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  A.    LATAR BELAKANG

 Manajemen adalah suatu proses pengaturan atau ketatalaksanaan untuk mencapai suatu tujuan dengan melibatkan orang lain. Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber – sumber lainya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu. Ada banyak fungsi manajemen yang diungkapkan oleh para ahli manajemen, seperti : Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Commanding (Pemberian Komando), Coordinating (Pengkoordinasian), Controlling (Pengawasan) oleh Henry Fayol.

 

   Fungsi manajemen yang diungkapkan oleh para ahli manajemen, seperti: Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Commanding ( Pemberian komando), Coordinating (Pengkoordinasian), Controling (Pengawasan), oleh Henry Faloy.Fungsi managerial inilah yang akan mambantu pemimpin untuk menjalankan organisasi dalam pencapain tujuan organisasi.          

 

 

 

B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen ?

2.      Apa saja tingkatan manajemen ?

3.      Apa saja fungsi manajemen ?

4.      Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan ?

5.      Apa saja prinsip-prinsip manajemen ?

 

 

 

C.    TUJUAN PEMBAHASAN

1.      Untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen

2.      Untuk memahami lebih dalam tentang manajemen

3.      Untuk mengetahui tingkatan-tingkatan dalam manajemen

4.      Untuk mengetahui fungsi dalam manajemen

5.      Untuk mengetahui pengertian dari kepemimpinan

6.      Untuk mengetahui dalam manajemen

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

A.    PENGERTIAN MANAJEMEN

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno Management, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mangatur” .Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa italia (1561) Maneggiare yang berarti “mengendalikan”. Terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin Manus yangbberarti “tangan” .

     Bila kita mempelajari literature manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu

a.       Manajemen sebagai suatu proses

Dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

b.      Manajemen sebagain kolektivitas

Orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen.

c.       Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)

Jadi, dari gambaran di atas menunjukan bahwa manajemen adalah suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukan oleh garis (line) mengarah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

 

 

B.     TINGKATAN MANAJEMEN

Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya. Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikemlompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, dimana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah dari pada dipuncak).

Beritkut ini adalah tingakatan Manajer dari bawah ke atas.

Berikut ini adalah definisi dan pengertian teori menurut ahli :

a.       Manajer Lini Pertama (First-line manajemen)

Merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karywan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi.

(Supervisor, manajer shif, manajer area, manajer kantor, mandor ).

b.      Manajer tingkat menengah (midlle Manajement)

Mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya.

(kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik ,manager divisi).

c.       Manajemen Puncak (Top Manajemen )

Dikenal juga dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan.

(CEO, CIO, CFO ).

 

 

C.    FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi-fungsi manajement adalah sebagai berikut :

1.      Planning (Perencanaan)

Penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

2.      Organizing (Pengelompokan)

Dua orang atau lebih yang bekerjasama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.

3.      Directing/commanding ( Komando/bimbingan )

Fungsi manajement yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau intruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing , agar tugas dapat dilaksanakan dnegan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

4.      Motivating (Motivasi)

Pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

 

 

5.      Coordinating (Koordinasi)

Melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama  yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

6.      Controlling (Pengawasan)

Mengadakan penilaian, bila perlu diadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dan tujuan yang telah digariskan semula.

7.      Reporting (Laporan)

Penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan dan pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertahan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

8.      Staffing (Penyusunan)

Penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya maksimal kepada organisasi.

9.      Forecasting ( Prediksi )

Meramalkan memproyeksikan atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan evaluating (evaluasi).

10.  Evaluating (Evaluasi)

Pengawasan dan pengendalin performa perusahaan untuk memastikan bahwa jalannya perusahaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

 

 

 

D.    KEPEMIMPINAN

Menurut stoner, kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dan sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya. Ada tiga implikasi penting dari definisi tersebut;

1.      Kepemimpinan menyangkut orang lain bawahan atau pengikut.Kesediaan mereka untuk menerima pengarahan dari pemimpin, para anggota kelompok membantu menentukan status/kedudukan pemimpin dan membuat proses kepemimpinan dapat berjalan.Tanpa bawahan ,semua kualitas kepemimpinan seorang manager akan menjadi tidak relavan.

2.      Kepemimpinan menyangkut suatu pembagian kekuasaan yang tidak seimbang diantara para pemimpin dan anggota kelompok. Para pemimpin mempunyai wewenang untuk mengarahkan berbagai kegiatan.

3.      Kepemimpinan adalah bagian penting manajemen, tetap tidak sama dengan manajemen. Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. Manajemen mencakup kepemimpinan , tetapi juga mencakup fungsi-fungsi lain seperti perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan.

 

E.     PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN

         Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perludipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situsi-situasi yang berubah.

         Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari :

1.      Pembagian Kerja  (division o work )

2.      Wewenang dan tanggug jawab (authority and rsponbility)

3.      Disiplin (discipline)

4.      Kesatuan perintah ( unity of command)

5.      Kesatuan pengarahan (unity of direction)

6.      Mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan sendiri (subordination of individual intersts to the general interests )

7.      Pembayaran upah yang adil ( renumeration)

8.      Pemusatan (centralization)

9.      Hirarki (hierarchy)

10.  Tata tertib (order)

11.  Keadilan (equity)

12.  Stabilitas kondisi karyawan ( stability of tenure of personnel)

13.  Inisiatif (inisiative)

14.  Semangat kesatuan (esprits de corps )

 

 

 

 

   

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    KESIMPULAN

Berdasarkan uraian sebelumnya , penulis dapat menympulkan sebagai berikut :

1.      Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasan, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

2.      Tingkatan manajemen dikelompokan menjadi puncak (Top Management), Manajer tingkat menengah (Middle Management), dan manajer lini pertama (First-line management).

 

 

B.     SARAN

Sesuai dengan kesimpulan diatas, penulis berharap supaya makalah ini dapat membantu memahami tentang manajemen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     DAFTAR PUSTAKA

 

 

https://dokumen.tips/documents/makalah-asas-asas-manajemen.tml

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar