laporan
prakerin kerja industri
dinas
penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu
tahun
2019/2020
Diajukan untuk memenuhi salah satu
persyaratan
Ujian Kompetensi (ukom) dan Kelulusan
Pada Program Keahlian Teknik Komputer dan
Jaringan
Disusun
oleh :
Nama : Rumdani
NIS : 1617010981
Program Keahlian : Teknik
Komputer dan jaringan
Perguruan
mathla’ul Anwar
SMK
Mathla’ul Anwar Cibuah Warunggunung
Jl.
Raya Rangkasbitung-Pandeglang Km. 12,5 Cibuah Warunggunung, Lebak-Banten 42352
e-mail
: smkmathan@yahoo.com
IDENTITAS SISWA
Nama :
Tempat :
Lebak
Tanggal Lahir :
Jenis
Kelamin : Laki-laki
No
Hp :
Anak
Ke/Dari : 6 (Enam) Dari 6 Saudara
Agama : Islam
Alamat
Siswa : Kp. Cibangkur
Desa Sukadaya Kec. Cikulur
Sekolah : Smk Mathla’ul Anwar
Prog.Keahlian : Teknik Komputer Dan Jaringan
Kelas : XI TKJ II
Nis : 1617010981
Nama
Orang Tua
Ayah : Jaya
Ibu : Rumi
Alamat
Orang Tua : Kp. Cibangkur Desa Sukadaya Kec. Cikulur
LEMBAR PENGESAHAN I
Disusun oleh:
NAMA
|
:
|
Rumdani
|
NIS
|
:
|
1617010981
|
KELAS
|
:
|
XI
|
PROGRAM
KEAHLIAN
|
:
|
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
|
Laporan Praktek Kerja
Industry Telah Di Setujui Dan Disahkan Oleh Pihak Sekolah SMK MATHLA’UL ANWAR CIBUAH
Menyetujui
:
KORDINATOR PRAKERIN
|
|
PEMBIMBING
|
|
|
|
HANA
SURYANI, S.Pd
|
|
INDRA
PERMANA, S. T
|
|
Mengetahui
KEPALA SEKOLAH
|
|
KETUA JURUSAN
|
|
|
|
ERIK
HERIANA, M. T
|
|
INDRA
PERMANA, S. T
|
LEMBAR
PENGESAHAN II
Laporan
Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan :
DI
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
KEPALA
DINAS
|
|
PEMBIMBING
|
|
|
|
HJ.
IDA NOVAIDA
NIP.-
|
|
ahmad sudarjat
NIP.-
|
Telah
disetujui oleh :
KATA PENGANTAR
Dengan
nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang syukur Alhamdulillah atas
hidayah dan inayah-Nya yang telah diberikan kepada penyusun, sehingga penyusun
dapat menyelesaikan buku laporan PRAKERIN ini. Namun begitu, penyusun sangat
menyadari bahwa penyusunan buku laporan ini masih jauh dari sempurna, Untuk itu
penyusun memohon maaf atas banyaknya kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan
buku laporan ini. Tersusunnyabuku laporan PRAKERIN ini tentu saja atas bantuan
dan pengarahan dari Bapak atau Ibu Guru beserta teman-teman sekalian. Maka
tiada kata yang pantas diucapkan penulis selain ucapan terima kasih, khususnya kepada :
1. Bapak ERIK HERIANA, M.T kepala
sekolah smk mathla’ul anwar cibuah
2. Ibu HANA SURYANI , S.Pd ketua
pelaksana PRAKERIN.
3. Bapak INDRA PERMANA, S.T selaku ketua jurusan teknik komputer dan
jaringan
4. Orang tua dan keluarga yang senantiasa memberi dukungan dan do’a.
5. Dan teman-teman yang senantiasa memberi dukungan dan motivasi.
Demikian
ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga penyusun dapat menyuguhkan buku
laporan PRAKERIN ini semoga ada guna dan manfaatnya, khususnya pada penyusun dan
umumnya pada pembaca.
Pandeglang, 30 April
2018
Penyusun
DAFTAR ISI
BIODATA SISWA....................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN I....................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN II...................................................................... iii
KATA PENGANTAR.................................................................................. iv
DAFTAR ISI................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang............................................................................... 1
1.2
Perumusan Masalah ...................................................................... 2
1.3 Tujuan Prakerin ............................................................................. 2
1.4
Manfaat Prakerin............................................................................ 2
1.5 Dasar Penulisan.............................................................................. 3
BAB II TINJAUAN
UMUM PERUSAHAAN
2.1 Tinjauan Perusahaan ..................................................................... 3
2.2 Sejarah Perusahaan ....................................................................... 5
2.3 Visi dan Misi Perusahaan.............................................................. 6
2.4 Struktur Organisasi ....................................................................... 7
BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN
3.1 Pelaksanaan
Kegiatan ................................................................... 8
3.2 Tata Tertib Pelaksanaan Prakerin ................................................ 9
3.3 Kegiatan Prakerin ......................................................................... 10
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan................................................................................... 11
4.2 Kritik Dan Saran........................................................................... 11
LAMPIRAN –
LAMPIRAN......................................................................... 12
1. LAMPIRAN I
DOKUMENTASI
KEGIATAN PRAKERIN
2. LAMPIRAN II
ABSENSI PELAKSANAAN KEGIATAN
3. LAMPIRAN III
NILAI
PRAKERIN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Praktek Kerja
Industri adalah sebuah program pendidikan yang diperuntukkan bagi siswa-siswi
SMK, khususnya untuk siswa-siswi SMK MATLA’UL ANWAR ini. Program ini diberikan untuk melatih keterampilan peserta
didik terutama keterampilan dibidang industri dan wirausaha dan juga
meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya usaha di dunia
internasional. Laporan ini penyusun buat sebagai bahan pembelajaran dan bekal
penyusun untuk menjadi sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing
tinggi nantinya.
Beberapa
peraturan dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) beserta
keputusan dari Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
tersebut ada dibawah ini, yaitu sebagai berikut :
1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989
tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang
akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun
1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta
didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta
didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk
mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) serta kebudayaan.
3. Peraturan pemernitah No. 39 tahun
1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang
Kuriulum SMK yang berisi bahwa (Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan
melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar
Seklolah).
5. Didalam lampiran keputusan MENDIKBUD
tentang kurikulum 1994 SMKTA yaitu dalam dokumen landasan, program dan
pembangunan kurikulum 1994 SMKTA, disebutkan bahwa peningkatan mutu dan
relevasi Pendidikan Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu
sistem yang utuh dan mantap sehingga terdapat kesinambungan antara dunia
Pendidikan dan Dunia Kerja.
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan hasil diatas, maka diperoleh rumusan
masalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana penulis dapat
belajar bekerja dan mengenal Dunia Usaha dan Dunia Industri ?
2.
Bagaimana penulis dapat
mengaplikasikan ilmu yang di dapat di sekolah di DU/DI.
1.3 TUJUAN PRAKERIN
Penyusunan kegiatan Praktek Kerja Industri
dimaksudkan untuk dijadikan sebagai bahan laporan bagi penyusun kepada sekolah
sebagai hasil pelaksanaan Praktek kerja Industri. Adapun tujuan
penyusunan laporan ini adalah :
1.
Sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAN / UAS.
2.
Sebagai bahan laporan pertanggung jawaban penyusun selama
melaksanakan Praktek Kerja Industri
3.
Sebagai acuan dalam memenuhi standar pelatihan praktek kerja
langsung dalam dunia kerja.
4.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja
sebagai bagian dari proses pendidikan.
1.4
MANFAAT PRAKERIN
Adanya manfaat Praktek
Kerja Industri antara lain :
1. Menambah wawasan pada
siswa/siswi
2. Membina hubungan
kerjasama yang baik antara pihak sekolah dsengan perusahaan atau lembaga
instansi
3. Mendapatkan pengalaman
untuk bekal pada saat bekerja nantinya
4. Menumbuhkan rasa
kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
1.5 DASAR PENULISAN
Laporan ini disusun berdasarkan apa yang telah
penulis lakukan pada saat di DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYAN TERPADU SATU
PINTU
·
Izin prinsip penanaman modal dalam negara
·
Izin prinsip perubahan
·
Izin prinsip perluasan
·
Izin prinsip penggabungan
·
Izin usaha penanaman modal
·
Izin usaha perubahan
·
Izin usaha perluasan
·
Izin usaha penggabungan
·
Izin usaha
·
Izin peruntukan penggunaan tanah
·
Izin perubahan penggunaan tanah
·
Izin mendirikan bangunan
·
Izin merobohkan bangunan
·
Izin layak huni
·
Izin gangguan (HO)
· Izin
tempat usaha perdagangan dan jasa (SITU)
· Surat
izin usaha perdagangan (SIUP)
· Izin
usaha jasa konstruksi (IUJK)
· Izin
usaha keparawisataan
· Izin
pembangunan menara telekomunikasi
· Izin
operasionalmenara telekomunikasi
· Izin
usaha pertanian
· Izin
usaha peternakan
· Izin
usaha perikanan
· Izin
penyelenggaraan kursus
· Tanda
daftar perusahaan (TDP)
· Tanda
daftar gudang (TDG)
· Izin
reklame
· Surat
tanda pendaftaran waralaba (STPW)
· Izin
usaha industri (IUI)
· Izin
usaha toko modern (IUTM)
· Izin
usaha pusat perbelanjaan (IUPP)
· Izin
apotek
· Izin
mendirikan klinik
· Izin
toko obat
· Izin
operasional klinik
· Izin
mendirikan rumah sakit kelas C dan D
· Izin
produk pangan industri rumah tangga (P-IRT)
· Izin
praktek dokter
· Dll
· Bidang
kepariwisataan
· Bidang
penanggulangan bencana
Ø Non
perizinan
1.
Rekomendasi
perizinan bidang Pertanian
2.
Rekomendasi
perizinan bidang Perdagangan dan jasa
3.
Rekomendasi
perizinan bidang Industri
4.
Rekomendasi
perizinan bidang Pendidikan
5.
Rekomendasi
perizinan bidang Ketenagakerjaan
6.
Rekomendasi
perizinan bidang Kesehatan
7.
Rekomendasi
perizinan bidang Kelautan dan perikanan
8.
Rekomendasi
perizinan bidang Perhubungan
9.Rekomendasi perizinan bidang Komunikasi dan
informatika
BAB
II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 TINJAUAN PERUSAHAAM
Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
Mempunyai Tugas Dan Penyelengaraan Pelayanan Administrasi Di Bidang Penanaman
Modal Dan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Dengan Prinsip Koordinasi , Imtegrasi, Siptikasi, Keamanan
Dan Kepastian
2.2 SEJARAH PERUSAHAAN
Dinas Penanaman Modal
dan Pelayanan Tepadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pandeglang dibentuk
berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 2 Tahun 2014 tentang
Pembentukan Organisasi perangkat Daerah
Kabupaten Pandeglang dijabarkan Berdasarkan Peraturan Bupati Pandeglang Nomor
32 Tahun 2014 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan tata Kerja badan Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Tepadu Satu Pintu (DPMPTSP)
Dinas Penanaman Modal
dan Pelayanan Tepadu Satu Pintu (DPMPTSP)mempunyai tugas melaksanakan
koordinasi dan penyelenggaraan pelayanan administrasi di bidang penanaman
modal, pelayanan perizinan dan non perizinan dengan perinsip koordinasi,
integrasi, singkronisasi, siplifikasi, keamanan dan kepastian.
2.3 VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1)
Visi
DPMPTSP “Sebagai Badan Publik
Penyelenggara Pelayanan Perizinan yang prima”
2)
Misi
1.
Memperkuat kapasitas kelembagaan dan ketatalaksanaan
2.
Menigkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia
3.
Menigkatkan penyelenggaraan pelayanan perizinan sektoral dan
penanaman Modal
4.
Mengembangkan sistem informasi manajemen Berbasis Teknologi
dan Penanaman Modal
5.
Mengembangkan sarana dan prasarana pelayanan.
2.4 STUKTUR ORGANISASI
BAB III
Pelaksanaan
prakerin
3.1. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan
pada tanggal 10 Januari 2018 sampai dengan tanggal 26 Maret 2018
3.2. Tata Tertib Pelaksanaan Prakerin
a.
Melaksanakan sepenuhnya pancasila dan Undang-Undang Dasar
1945
b.
Mengangkat harkat dan martabat bangsa dan Negara
c.
Menjadi pemersatu bangsa dalam Negara kesatuan Republik
Indonesia
d.
Akuntabel dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintah
yang bersih dan berwibawa
e.
Tanggap, terbuka, jujur, dan akurat serta tepat waktu dalam
melaksanakan setiap kebijakan dan program pemerintah
3.3. Kegiatan Prakerin
Hari/Tanggal
|
Uraian Kegiatan
|
Jumlah
|
Nama Instruktur
|
|
Masuk
|
Pulang
|
|||
Rabu
10-01-2017
|
§ Membuat Jurnal, merekap SP2D
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
11-01-2017
|
§ Motocopy surat
§ Merapihkan SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
12-01-2017
|
§ Apel pagi
§ Bersih-bersih
§ Merapihkan SPK TUP
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
15-01-2017
|
§ Motocopy arsip
§ Menstampel arsip SPJ
§ Merapihkan SP2D
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
16-01-2017
|
§ Beres-beres
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
17-01-2017
|
§ Moto copy Arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
18-01-2017
|
§ Moto copy Arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
19-01-2017
|
§ Moto copy Arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
22-01-2017
|
§ Merapihkan SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
23-01-2017
|
§ Merapihkan SPJ dan menstapel
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
24-01-2017
|
§ Moto copy Arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
25-01-2017
|
§ Menstapel Arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
26-01-2017
|
§ Merapihkan arsip
§ Menstampel SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
29-01-2017
|
§ Bersih-bersih
§ Merapihkan SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
30-01-2017
|
§ Menstampel arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
31-01-2017
|
§ Bersih-bersih halaman
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
01-02-2017
|
§ Merapihkan SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
02-02-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
05-02-2017
|
§ Bersih-bersih
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
06-02-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
07-02-2017
|
§ Memotocopy SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
08-02-2017
|
§ Mengkaper sub keuangan
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
09-02-2017
|
§ Memperbanyak dokumen
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
12-02-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
13-02-2017
|
§ Merangkap dokumen
§ Motocopy arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
14-02-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
15-02-2017
|
§ Memotocopy SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
19-02-2017
|
§ Mengkaper sub keuangan
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
20-02-2017
|
§ Memperbanyak dokumen
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
21-02-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
22-02-2017
|
§ Merangkap dokumen
§ Motocopy arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
23-02-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
26-02-2017
|
§ Memotocopy SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
27-02-2017
|
§ Mengkaper sub keuangan
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
28-02-2017
|
§ Memperbanyak dokumen
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
01-03-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
02-03-2017
|
§ Merangkap dokumen
§ Motocopy arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
05-03-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
06-03-2017
|
§ Bersih-bersih
§ Merapihkan SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
07-03-2017
|
§ Menstampel arsip
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Kamis
08-03-2017
|
§ Bersih-bersih halaman
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Jum’at
09-03-2017
|
§ Merapihkan SPJ
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Senin
12-03-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Selasa
13-03-2017
|
§ Bersih-bersih
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
Rabu
14-03-2017
|
§ Memotocopy
|
07.30
|
16.00
|
Ahmad Sudarjat
|
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pembelajaran didunia
kerja dan industry adalah suatu strategi
yang memberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar melalui bekerja
langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanay praktek kerja industry penyusun
dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung dilingkungan dunia kerja
yang langsung dibimbing oleh pihak kantor. Bahkan penyusun dapat mengukur
sejauh mana penguasaan ilmu yang didapatkan di sekolah.
Praktek kerja industry
merupakan salah satu program yang berfungsi untuk meningkatkan keterampilan
para peserta didik khususnya di SMK
MATHLA’UL ANWAR. Untuk menjadi sumber daya manusia yang
berkomponen dan berdaya saing. Dan diharapkan lebih bisa mengenali apa saja
yang ada di dunia usaha danindustri sehingga nantinya sudah mempunyai cukup
bekal untuk langsung terjun ke dunia usaha dan industry.
4.2 Kritik Dan Saran
1.
Sekolah hendaknya lebih menyiapkan lagi kemampuan siswa
sebelum praktek di dunia kerja dan industry.
2.
Adanya kerja sama yang baik antara sekolah dan dunia kerja
dan industry sehingga terjadi sinkronisasi materi yang diajarkan disekolahdan
proses pembimbingan di tempat praktek.
3.
Ketidak sesuaian dengan ilmu atau pendidikan yang didapat
disekolah dengan pekerjaan yang saya terima di perusahaan adalah salah satu
kendala, maka dari itu sebaiknya ada fasilitas atau program bagi generasi
berikutnya untuk ber-praktek kerja industry di sesuaikan dengan jurusan
disekolahnya masing-masing.
4.
Hendaklah sering mengontrol kegiatan siswa praktek kerja
industry agar terjadi komunikasi yang baik antara instansi dengan pihak sekolah
sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar